oleh

Gubernur Sulsel Resmikan Patung Sultan Hasanuddin di Maros

SULSELONLINE.COM, MAROS — Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) didampingi oleh Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang bersama Kapolda Sulsel Irjen Pol Anton Carliyan dan legislator Sulsel meresmikan patung Sultan Hasanuddin di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, Rabu (19/10/2016).

Patung Sultan Hasanuddin
Peresmian patung Sultan Hasanuddin di jalan masuk bandara. (Ist.)

SYL mengatakan, peresmian patung Sultan Hasanuddin setinggi 23 meter tersebut dilakukan dalam rangka merayakan HUT ke 347 Sulsel.

“Peresmian patung pejuang kita, Sultan Hasanuddin yang dibangun lima tahun lalu ini untuk memperingati HUT Sulsel. Patung ini berdiri karena kontribusi Pemkab Maros, Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel,” ujarnya.

Pembangunan patung tersebut menggunakan bahan, teknisi dan arsitek lokal. Hal tersebut dilakukan untuk memperlihatkan, Sulsel juga memiliki tenaga ahli. Sebelumnya, Bandara Sultan Hasanuddin memiliki nama Hasanuddin saja. Namun SYL mengganti nama Hasanuddin tersebut menjadi Sultan Hasanuddin.

“Dulu saya usulkan pergantian nama dari Hasanuddin ke Sultan Hasanuddin. Ini Raja Gowa ke 16. Kalau cuma Hasanuddin saja, banyak yang jadi tukang becak,” ujarnya, melalui Beritamaros.com.

Dia berharap, dengan diresmikannya patung Sultan Hasanuddin tersebut, warga Sulsel lebih menjaga hasil perjuangan para pahlawan termasuk menjaga patung tersebut sebagai simbol harga mati.

“Sultan Hasanuddin ini seorang pejuang yang mementingkan orang banyak dan juga pengancur agama. Dia berani. Makanya diberi gelar dari belanda, Ayam Jantan dari Timur,” katanya.

Sementara itu, Direktur Keuangan Angkasa Pura I, Novri Handri mengatakan pembuatan patung Sultan Hasanuddin ini menghabiskan anggaran Rp6,3 miliar. Patung itu karya pemahat asal Bali, Nyoman Nuarta. Pembuatan patung setinggi 23 meter ini menghabiskan waktu sekitar delapan bulan pada tahun 2011 lalu.

“Patung Sultan Hasanuddin berbahan dasar besi baja, tembaga serta kuningan. Pembuatan patung ini untuk memperindah bandara dan mengenang pahlawan Sultan Hasanuddin,” ungkapnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed