oleh

Wagub Sulsel Resmikan Gerakan 1.000 Masyarakat Peduli Napza dan HIV/AIDS

SULSELONLINE.COM, MAKASSAR — Hari ini, 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS se Dunia. Pemprov Sulsel menggelar peringatan Hari AIDS se Dunia di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Selatan di jalan Urip Sumoharjo Makassar, Kamis (1/12/2016).

HIV/AIDS
Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang meresmikan Gerakan 1.000 Masyarakat Peduli Napza dan HIV/AIDS. (Ist.)

Dalam kegiatan ini, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang meresmikan Gerakan 1.000 Masyarakat Peduli Napza dan HIV/AIDS. Gerakan ini ntuk meminimalisir tindakan diskriminasi yang dialami Odha dalam berbagai sektor kehidupan.

“Gerakan ini diharapkan bisa membantu Orang dengan HIV/AIDS  atau Odha. Sehingga mereka bisa memperbaiki kualitas hidupnya,” ungkapnya.

Ia mengatakan, dalam sepuluh tahun terakhir, jumlah kasus HIV/AIDS secara umum mengalami peningkatan, dan indikator kasus ini sekarang sudah berada pada level 6. Data tahun 2015, terdapat 9.000 lebih kasus HIV/AIDS di Sulsel. Jumlah itu diyakini bertambah di tahun 2016 ini.

Jumlah itu kelas memiriskan, karena itu ia mengajak semua lapisan masyarakat untuk turut mewujudkan ‘Zero Growth’ atau nol pertumbuhan HIV dan AIDS di Sulsel.

“Selain edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, harus kita lakukan juga upaya pencegahan. Saya minta Biro Napza dan Dinas Kesehatan bisa bekerjasama dengan Apotek dan Toko Obat untuk melakukan pengawasan dan meminimalisir penjualan jarum suntik dan obat-obatan yang seharusnya tidak dijual bebas,” ujarnya.

Untuk diketahui, berdasarkan kelompok umur, presentase kasus HIV/AIDS di Sulsel tahun 2015 tertinggi ditemukan pada kelompok usia 20-29 tahun (32 persen), 30-39 tahun (29,4 persen), 40-49 tahun (11,8 persen), 50-59 tahun (3,9 persen) dan 15-19 tahun (3 persen).

Faktor resiko penularan HIV/AIDS tertinggi adalah melalui hubungan seks tidak aman pada heteroseksual (46,2 persen), hubungan seks sesama jenis (24,4 persen) dan penggunaan jarum suntik pada penasun (3,4 persen), demikian dirilis website Pemrov Sulsel. (*)

DPRD Kota Makassarl       Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *