Gubernur Sulsel Serahkan Penghargaan Siddhakarya kepada Pelaku UKM

SULSELONLINE.COM, MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan,  Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyerahkan Anugrah Siddhakarya. Penghargaan kualitas dan produktivitas ini diberikan kepada sejumlah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Hotel D’Maleo Makassar, Rabu (14/12/2016).

Siddhakarya
Gubernur Sulsel SYL menyerahkan penghargaan Siddhakarya 2016. (Ist.)

“Anugrah Siddhakarya merupakan penghargaan tertinggi di bidang produktivitas di Sulsel. UKM kita di Sulsel mencapai 40 ribu. Tidak ada desa tanpa perguliran uang bank,” ujar SYL.

Gubernur Sulsel dua periode ini pun meminta agar terus dilakukan terobosan baru pada UKM. Tentunya melalui rasionalisasi teknologi yang saat ini semakin maju. Serta selalu mendorong produktivitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulsel, Agustinus Appang mengungkapkan, penghargaan ini diberikan kepada pelaku UKM yang dinilai unggul untuk dijadikan tauladan.

“Tujuan dari penghargaan ini, untuk mendorong peningkatan produktivitas dan daya saing UKM. Agar lebih berperan dalam menciptakan lapangan kerja,” ungkapnya.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian juri. Dengan kriteria penilaian yakni berhasil meningkatkan produktivitas dan kinerja, faktor kepemimpinan, perencanaan strategis, SDM, pelanggan, data informasi dan analisa, serta menegemen order.

Adapun juri yang melakukan penilaian, yakni perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel, dan Disnakertrans Sulsel.

“Hal ini menunjukkan perhatian pemerintah dalam pembinaan UKM, yang telah memberikan kontribusi besar pada perekonomian Negara kita,” pungkas Agustinus.

Penerima Anugrah Siddharkarya ini,  diantaranya Usaha Menengah Bandeng Cabut Duri Kabupaten Pinrang, Piala Sutra Kabupaten Wajo, Kecap dan Saos Lombok Kabupaten Gowa. Sedangkan untuk usaha kecil diterima oleh perwakilan usaha kecil Kota Makassar,  Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *