Dirjen PHPL KLHK Tinjau Produksi Gula Semut Aren di Gorontalo

SULSELONLINE.COM, GORONTALO — Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dr Ida Bagus Putera Parthama melakukan kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo.

Kehutanan
Dirjen PHPL KLKH saat mengunjungi rumah produksi gula semut aren di Desa Dalamayo Selatan Kabupaten Gorontalo. (Ist.)

Ia meninjau dan melihat secara langsung sejumlah potensi unggulan dan produksi Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP). Kunjungan pertama dilakukan ke rumah produksi gula semut aren di Desa Dalamayo Selatan Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, Senin kemarin.

Kunjungan ini didampingi Kepala Dinas Kehutanan dan Energi Sumberdaya Mineral Provinsi Gorontalo Dr Husein Hasni, Kepala Balai Pemantauan Pemanfaatan Hutan Produksi Wilayah XII Palu Agus Heri Susanto, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Unit VI Gorontalo Hastuti Ajub, Kepala BPKH Wilayah XV Gorontalo Herban Heryandana dan Kepala BPDAS Bone Bolango Dr Saparis Soedarjanto.

Menurut Dr Ida Bagus Putera Parthama, upaya masyarakat bersama KPHP dalam memanfaatkan dan mengelola hasil hutan patut dihargai. Hal ini sejalan dengan tujuan pemanfaatan kawasan hutan, masyarakat sekitar hutan akan memperoleh manfaat lingkungan, sosial dan ekonomi secara optimal dengan tidak mengurangi fungsi utama hutan.

“Namun perlu diperhatikan untuk mendorong agar produk ini bisa masuk ke pasar dengan memperbaiki packaging. Produksi harus terkait dengan pasar, sehingga kita mengharapkan pemerintah daerah untuk memperhatikan produksi ini,” ujarnya, melalui rilis media, Selasa (27/12/2016).

Upaya pemasaran yang bisa dilakukan diantaranya, memakai produk ini di lingkungan kantor pemerintah pada acara atau rapat, sebab gula semut aren ini gula merah campuran kopi atau penganan. Selain itu perlu membuat display produk di hotel-hotel atau ikut memasarkan produk melalui pembinaan perdagangan. Ia pun sempat mencoba sejumlah kopi dan penganan yang memakai gula semut aren ini.

Selanjutnya, Dirjen PHPL KLHK beserta rombongan akan melakukan panen raya tanaman murbei dan ulat sutera, pertemuan dengan masyarakat sekitar hutan serta mengunjungi pengolahan bioetanol di Kabupaten Boalemo pada Selasa ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *