Dirjen PHPL KLHK Panen Kokon Ulat Sutera di Boalemo Gorontalo

SULSELONLINE.COM, GORONTALO — Kunjungan kerja Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dr Ida Bagus Putera Parthama di Provinsi Gorontalo dilanjutkan ke Kabupaten Boalemo, Selasa 27 Desember kemarin.

Kehutanan
Dirjen PHPL KLHK saat panen kokon ulat sutera di Boalemo Gorontalo. (Ist.)

Dalam kunjungan ini, Dirjen PHPL KLHK melakukan panen kokon, meninjau pembesaran ulat sutera, temu warga dengan kelompok petani hutan dan menyaksikan proses pengolahan nira (dari pohon aren) menjadi bioetanol.

Kunjungan kerja ini mendampingi Kepala Dinas Kehutanan dan Energi Sumberdaya Mineral Provinsi Gorontalo Dr Husein Hasni, Kepala Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) Wilayah XII Palu Agus Heri Susanto, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Unit VI Gorontalo Hastuti Ajub, Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XV Gorontalo Herban Heryandana dan Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Bone Bolango Dr Saparis Soedarjanto.

Usai melakukan panen dan kunjungan, Dr Ida Bagus Putera Parthama mengemukakan, kondisi pengeloaan kawasan hutan di Boalemo ini mendekati ideal, diantaranya adanya dukungan pemerintah daerah, KPHP kreatif dan masyarakatnya bersemangat.

“Sehingga apa yang dilakukan oleh masyarakat dengan memanfaatkan kawasan hutan ini perlu diekspose lebih luas. Sekarang ada 342 kepala keluarga yang terlibat memelihara kokon dan ulat sutera, ini merupakan suatu potensi besar untuk dikembangkan,” ujarnya, melalui rilis media, Rabu (28/12/2016).

Selanjutnya, hasil dari kokon ini melakukan kerjasama dengan pihak yang mengambil produk, kerjasama untuk desain kain suteranya dan untuk sementara bisa menjual benang sudah sangat bagus.

KPHP memang bisa dikembangkan menjadi entitas bisbis yang bisa mengelola hasil hutan sesuai potensi daerahnya. Ide pembangunan KPHP mendekatkan pengelolaan hutan dengan masyarakat sekitar hutan. Bersama-sama mengelola sumberdaya hutan dan mendekatkan akses masyarakat dengan pengelolaan hutan.

“Pengelolaan KPHP sejalan dengan program Nawacita bapak Presiden dan Wakil Presiden, Jokowi dan JK yakni membangun dari pinggiran. Dan KPHP Boalemo bisa menjadi contoh dalam pengelolaan hutan yang melibatkan masyarakat. Kita akan dukung terus,” ungkapnya.

Selanjutnya hari ini, Dirjen PHPL KLHK melakukan pertemuan koordinasi dengan Gubernur Gorontalo yang diwakili Sekprov Gorontalo Prof Dr Winarni Monoarfa di Kota Gorontalo.

Juga dilakukan pembinaan pegawai dan pejabat struktural dari UPT lingkup Provinsi Gorontalo (BPHP, BPKH, BPDAS-HL, Balai Taman Nasional, Dinas Kehutanan dan ESDM Gorontalo dan KPHP. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *