Pembangunan Jalan Layang Maros-Bone Dapat Kucuran Rp80 Miliar

SULSELONLINE.COM, MAKASSAR — Proyek pembangunan jalan layang atau elevated road Maros-Bone mendapatkan alokasi anggaran Rp80 miliar di tahun 2017 mendatang.

Jalan Layang
Kondisi proyek jalan layang Maros-Bone. (Ist.)

Anggaran ini rencananya akan difokuskan untuk pembangunan fisik, utamanya pengerjaan pier, balok, serta lantai jalan layang.

Kasatker Pelaksana Jalan Metropolitan BBPJN XIII, Rahman Djamil mengatakan, saat ini progres proyek Elevated Road masih dalam proses pengecoran pier. Sejauh ini telah ada enam pier yang dirampungkan.

“Sekarang kita masih melakukan pengeboran pada pier tujuh dan delapan. Memang sempat ada rongga pada pier delapan. Tapi kita atasi. Kita lakukan rekayasa konstruksi kembali. Kita lakukan revisi agar tidak menembus rongga itu,” jelasnya melalui Rakyatku.com, Kamis (29/12/2016).

Ia menambahkan, saat ini proyek Elevated Road juga masih bermasalah pada pembebasan lahan. Pembangunan jalan layang ini menyentuh lahan yang bersinggungan dengan hutan.

Rahman mengaku belum tahu ukuran lahan tersebut. Tetapi pihaknya masih akan melakukan klarifikasi terkait status hukum lahan ini.

“Masih harus dirapatkan dulu, karena ada klaim masyarakat. tetapi lahan tersebut bersinggungan dengan hutan. Kita klarifikasi dulu, status hukumnya. Apakah benar milik masyarakat atau kehutanan,” pungkasnya.

Sejauh ini, progress proyek sudah berada di angka 28 persen. Progres ini sedikit mundur dari target 2016, yakni 31,9 persen. Hal ini karena beberapa kendala di lapangan. Proyek ini memliki nilai kontrak Rp167 miliar. Total panjang jalan yang dikerjakan 1,3 kilo meter. Dari total panjang tersebut 300 meter akan dibuat melayang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *