oleh

Musim Hujan Kulit Rentan Serangan Kaligata, Begini Pengobatannya

Musim hujan biasanya membuat kita rentan terhadap kaligata atau biduran. Dalam dunia kedokteran, kaligata dikenal dengan istilah urtikaria, menyebabkan nyeri, peradangan, pembengkakan, ruam dan gatal-gatal.

Kaligata
Ilustrasi kaligata. (Ist.)

Kaligata atau adalah ruam kemerahan pada kulit yang timbul secara tiba-tiba. Ruam ini memiliki ukuran dan bentuk bermacam-macam, halus dan seringkali terasa gatal.

Kaligata disebabkan oleh menurunnya suhu sehingga membuat pembuluh darah melebar dan terjadi kebocoran darah ke dalam jaringan. Faktor-faktor lain yang menyebabkan kaligata adalah sirkulasi darah yang buruk, pola makan yang buruk, kelebihan merokok atau bisa juga faktor genetik.

Jika tidak dirawat tepat waktu, itu bisa menyebabkan infeksi. Berikut paparan yang dikutip dari Rakyatku.com untuk pengobatan alami terhadap kaligata:

1. Lidah buaya

Aloe vera dikenal karena sifat anti-inflamasi, yang bisa membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan kaligata. Ambil lidah buaya sega, ekstrak gelnya dan kemudian pijat bagian tubuh yang mengalami kaligata dengan menggunakan gel. Setelah kering, gunakan kain basah atau tisu untuk menyekanya.

2. Bawang putih

Bawang putih juga merupakan bahan anti-inflamasi dan antiseptik. Ambil beberapa tetes minyak bawang putih dan gosokkan di area kaligata 2-3 kali sehari. Ini akan memberikan efek menenangkan.

3. Black pepper

Ambil setengah sendok teh lada hitam lalu giling. Tambahkan sedikit minyak wijen lalu panaskan. Setelah dingin, gunakan minyak ini untuk memijat area yang terkena kaligata. Lakukan ini setidaknya dua kali sehari.

4. Bawang

Bawang dikenal karena sifat antibiotik dan anti-inflamasi. Iris bawang dan gosokkan dengan lembut pada kaligata. Setelah 10 menit bersihkan dengan kain hangat. Lakukan ini dua kali sehari.

5. Produk susu

Asupan makanan yang mengandung kalsium dan asam lemak membantu mengurangi kaligata. Hal ini bisa Anda temukan dalam produk susu seperti yogurt dan keju. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed