Amran Sulaiman Resmikan Bendung Tampala Tompobulu Maros

SULSELONLINE.COM, MAROS — Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI), Andi Amran Sulaiman meresmikan Bendung Tampala Parangloe di Dusun Tombolo Desa Tompobulu Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros, Sabtu (7/1/2017).

Mentan
Mentan RI, Andi Amran Sulaiman di Bendung Tampala Parangloe Tompobulu Maros. (Ist.)

“Saya terkejut melihat air mengalir dari pegunungan yang jernih luar biasa yang bisa mengaliri ribuan sawah. Akan tetapi airnya tidak dimanfaatkan secara optimal,” jelasnya.

Menurutnya, dengan membangun embung di sekitar embung dan diberi pompa air. Sehingga, pada saat musim kering airnya bisa dipompa. Bendung itu dibangun menggunakan APBN sebesar Rp150 juta dan akan mengaliri 75 hektar areal persawahan di Desa Tompobulu.

Dengan berfungsinya bendung ini, maka dipastikan panen akan berlangsung sebanyak tiga kali yakni dua kali panen padi dan satu kali palawija.

Sementara itu, Bupati Maros HM Hatta Rahman saat mendampingi Mentan RI mengaku selama ini masyarakat Desa Tompobulu mengandalkan tadah hujan untuk mengaliri areal persawahan mereka. Olehnya itu dengan kehadiran bendung ini, dia berharap masyarakat Tompobulu dapat memanfaatkan bendung ini untuk mengaliri areal persawahan.

“Apalagi nanti akan ada bantuan pompa air buat cadangan musim kemarau nanti jadi air bendung ini tetap bisa dimanfaatkan meski musim kemarau datang,” sebutnya.

Usai meresmikan bendung, Mentan RI dan rombongan kemudian melakukan kunjungan ke Balitsereal Maros. Dijamu makan siang dan menyempatkan berdiskusi dengan para peneliti. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *