Sulawesi Dinilai Memiliki Diversifikasi Membangun Perekonomian Daerah

SULSELONLINE.COM – Pulau Sulawesi dinilai sebagai salah satu dari tiga pulau di Indonesia yang memiliki diversifikasi dalam membangun perekonomian daerah.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani. (Int.)

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani menyampaikan, ketiga pulau itu adalah Pulau Jawa, Sulawesi, dan Bali. Rata-rata pertumbuhan ekonomi provinsi di ketiga pulau tersebut di atas 5 persen. Sebab, tidak hanya bergantung ke satu sektor industri.

“Pulau Jawa, Sulawesi, Bali, tiga kawasan kegiatan ekonomi paling terdiversifikasi. Bisa tumbuh di atas 5 persen karena tidak tergantung satu sektor,” ujarnya di Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Kendati tiga pulau ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini masih tidak puas karena tidak diikuti daerah lain, misalnya di Sumatera, Papua, dan Maluku.

“Desain APBN dalam transfer ke daerah untuk bangun ekonomi daerah, agar sumber ekonomi terdiversifikasi dan daya tahan ekonomi baik,” katanya.

Dengan langkah tersebut, perekonomian di Papua sudah mulai tumbuh pada akhir tahun lalu. Perubahan signifikan ini juga terjadi di Kalimantan.

Jika melihat keseluruhan dari kawasan regional, maka pada Kuartal III 2016, terjadi perubahan menarik yang signifikan pada Agustus. Kalimantan yang tadinya mengalami pertumbuhan negatif bersama Papua, pada Kuartal III 2016, pertimbangan ekonominya sudah positif.

“Ini baik untuk kita perhatikan supaya terperbaiki momentumnya,” jelasnya, melalui media. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *