oleh

Perusda Parkir Makassar Raya Naikkan Tarif Parkir

SULSELONLINE.COM, MAKASSAR –¬†Perusahaan Daerah (Perusda) Parkir Makassar Raya menaikkan tarif parkir dari Rp1.000 menjadi Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp2.000 menjadi Rp5.000 untuk mobil.

Ilustrasi parkir. (Ist.)

Meski dinyatakan naik, kenaikan tarif parkir ini masih dalam tahap sosialisasi dan hanya diberlakukan di titik tertentu yang dilakukan uji coba ‘smart parking’.

Direktur Utama Perusda Parkir Makassar Raya Iryanto Ahmad mengatakan, kenaikan tarif parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat itu tentunya disertai dengan perbaikan sistem dan peningkatan pelayanan kepada pengguna kendaraan.

“Saat ini baru uji coba dan belum di semua tempat. Yang pasti, rencana kenaikan tarif parkir ini harus dibarengi dengan perbaikan sistem dan pelayanan yang baik,” ujarnya, Sabtu (28/1/2017).

Salah satu upaya perbaikan sistem perparkiran itu, yakni rencana pemberlakuan smart parking, di mana sistem ini tidak lagi mengharuskan pengendara membayar secara tunai. Namun dengan menggunakan kartu yang dikerjasamakan dengan bank, sehingga pengguna parkir cukup menggesek ke mesin Electronic Data Capture (EDC).

“Selain itu, berbagai jenis kartu debit ATM juga bisa dijadikan alat bayar parkir. Sehingga pelanggan cukup menggesekkan kartu debitnya, maka akan terpotong sesuai tarif parkir yang dikenakan,” jelasnya.

Dia juga menegaskan bahwa setelah tahap uji coba sekaligus sosialisasi selama sebulan, maka akan dianalisa, dikaji dan dievaluasi bersama seluruh badan pengawas dan jajaran direksi dengan meminta masukan berbagai elemen masyarakat.

Terpisah, Direktur Operasional PD Parkir Syafrullah juga mengatakan pemberlakuan ‘smart parking’ ini baru diujicobakan di dua titik, yakni di Jalan Topaz dan kawasan belakang Pettarani Square.

“Sistim ini merupakan terobosan yang akan meminimalisir potensi penyelewengan dan kebocoran dalam penerimaan pendapatan dari dana parkir,” ungkapnya, mengutip Antara.

Ditambahlannya, saat ini Tim Perusda Parkir Makasaar Raya secara intensif melakukan perbaikan dan penataan di berbagai lokasi parkir, antara lain di Jalan Boulevard dan Jalan Pengayoman terutama sekitar Toko Sinar Mas, Bintang, Alaska, dan seputaran MP.

Untuk menjaga penataan parkir tetap tertib, lancar dan terjaga, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan meluncurkan Tim Unit Reaksi Cepat. Tim ini bertugas untuk merespon dengan cepat dengan turun langsung ke lapangan menindaklanjuti berbagai laporan masalah perparkiran yang dikeluhkan masyarakat. (*)

Pemkab Maros     Bapenda Sulsel     DPRD Kota Makassar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *