Ketua APPSI: Proses Lelang Jabatan Bisa Ganggu Pemerintahan

SULSELONLINE.COM, JAKARTA – Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, lelang jabatan ‎membutuhkan proses panjang dan bisa mengganggu pelayanan publik.

Ketua Umum APPSI Syahrul Yasin Limpo mendampingi Presiden RI Jokowi dan Mendagri Tjahjo Kumolo dalam sebuah acara. (Int.)

“‎Kita tadi coba sampaikan, lelang jabatan prosesnya terlalu panjang. Tapi, lelang tetap jalan sekarang,” ujarnya di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (30/1/2017).

Gubernur Sulawesi Selatan tersebut menjelaskan, proses lelang jabatan setidaknya membutuhkan waktu selama 4 hingga 5 bulan. Karena proses yang demikian panjang, hal itu dapat berpotensi ‎memunculkan gejolak di pemerintahan dan masyarakat.

“Pelelangan jabatan butuhkan waktu paling tidak 4-5 bulan. Di ASN itu kalau ada masalah 2 tahun baru bisa ganti lagi. Ini persoalan-persoalan pemerintahan yang wave-nya, gelombangnya sangat cepat butuh penanganan,” jelasnya.

Selain itu, dengan lamanya proses lelang jabatan itu dinilai akan mengganggu pelayanan publik di masyarakat.

Sekadar diketahui, terdapat proses panjang dalam lelang jabatan. Hal itu dimulai dari persyaratan administratif seperti pangkat dan golongan, track record, pembuatan makalah, presentasi, wawancara, sampai dengan assessment yang disesuaikan dengan mandat dari UU ASN. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *