Pekan Ini, Makassar dan Sekitarnya Dilanda Cuaca Ekstrem

SULSELONLINE.COM, MAKASSAR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menetapkan Makassar dan sekitarnya masuk dalam kategori cuaca ekstrem yang diperkirakan akan terjadi sampai Selasa 7 Januari mendatang.

Ilustrasi prakiraan cuaca BMKG. (Ist.)

Prakirawan BMKG Makassar, Siswanto menyampaikan, kondisi cuaca kita memang ekstrem. Terutama terhadap badai angin dan hujan,” ujarnya, Jumat (3/2/2017).

Dari hasil pantauan model analisis, kecepatan angin mencapai 30 hingga 52 knot. Kekuatan angin yang cukup tinggi ini disebabkan adanya perubahan suhu. Perubahan inilah yang membuat tekanan angin menjadi lebih ekstrem dari hari biasanya.

“Tercatat di Maritim Paotere pada jam 10.00 Wita, angin kencang sampai 51,86 Knot atau 102 Km/jam dan untuk Maros angin kencang sampai 34-37 Knot atau 74 Km/jam,” jelasnya.

Prakiraan cuaca selama enam hari ke depan, hujan dengan instensitas ringgan hingga lebat akan terus terjadi di wilayah Makassar dan sekitarnya. Selain angin kencang, gelombang laut juga harus diantisipasi. Tinggi gelombang laut saat ini masih berada pada 1,5 hingga 6 meter pada pesisir barat dan selatan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *