Wagub Sulsel Minta Bulukumba Kembangkan Biji Mente dan Kopi Kahayya

SULSELONLINE.COM, BULUKUMBA – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang meminta kepada Pemkab Bulukumba untuk mengembangkan dua komoditi hasil perkebunan, yakni biji mente dan Kopi Kahayya.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang pada Hari Jadi ke-57 Kabupaten Bulukumba. (Ist.)

Pasalnya kedua komoditi hasil perkebunan itu belum dikembangkan secara serius, sehingga belum dikenal luas di daerah ini, namun sudah dinikmati di luar negeri.

Menurutnya, biji mente asal Bulukumba disamping ukurannya yang besar, rasanya sangat digemari oleh keluarga Kerajaan Inggris.

Mantan Ketua DPRD Sulsel itu mengatakan, bahwa setiap perayaan Hari Natal dan Tahun Baru di Istana Kerajaan Inggris, selalu disiapkan biji mente asal Bulukumba dan disajikan untuk keluarga besar Kerajaan Inggris dan para tamu penting kerajaan.

Selain itu, Bulukumba memiliki komoditi kopi dengan kualitas luar biasa. Dirinya pernah menikmati Kopi Kahayya yang dikembangkan di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba.

Menurutnya, Kopi Kahayya memiliki kualitas dan rasa yang tidak kalah dengan Kopi Arabika Toraja dan Mamasa yang nilai ekonominya tinggi, mencapai Rp40.000-an per kilo di pasaran lokal dan Rp500.000 per kilo di pasaran Internasional, seperti di Jepang.

“Saya pernah ke daerah Kahayya dan di sana saya menikmati kopinya yang sangat luar biasa, rasanya tidak kalah dengan Kopi Arabika asal Toraja dan Mamasa yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi,” ujarnya pada peringatan Hari Jadi ke-57 Kabupaten Bulukumba di Lapangan Pemuda Bulukumba, Sabtu (4/2/2017).

Namun menurutnya, kedua komoditi hasil perkebunan tersebut belum dikembangkan secara maksimal sehingga secara kuantitas masih sangat terbatas, sehingga dia berharap pengembangan kedua komoditi tersebut dioptimalkan.

Dalam peringatan hari jadi ini Wagub Sulsel meresmikan bangunan baru RS Sultan Daeng Radja, peresmian pemanfaatan Pasar Tradisional Cekkeng dan peresmian Gedung SMAN 19 Bulukumba.

Mendampingi Wagub Sulsel, Ketua DPRD Sulsel Moh Room, Bupati Bulukumba AM Sukri A Sappewali dan Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Bulukumba. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *