Pertama di Sulsel, Kabupaten Maros Miliki Kampung Donor Darah

SULSELONLINE.COM, MAROS – Kini di Kabupaten Maros ada kampung donor darah.  Kampung itu berlokasi di Desa Sudirman Kecamatan Tanralili dan menjadi kampung donor darah pertama di Maros dan Sulsel.

PMI Maros luncurkan Kampung Donor Darah. (Ist.)

Palang Merah Indonesia (PMI) Maros meluncurkan kampung donor darah tersebut di Gedung Saptamarga Kostrad Kariango, Selasa kemarin.

Menurut Ketua PMI Maros, H.A.S Chaidir Syam, Desa Sudirman dipilih sebagai kampung donor darah karena keberadaan markas Kostrad TNI AD Kariango yang personelnya rutin mendonorkan darah.

“Kami luncurkan kampung donor darah di Desa Sudirman karena ada Brigif dan Arhanud. Kita tahu anggota TNI selalu siap untuk kebutuhan darah. Lokasi ini sangat tepat dijadikan daerah percontohan. Bahkan ini pertama kalinya di Sulsel,” ujarnya, Rabu (15/2/2017).

Lewat kampung donor darah ini, warga desa akan dibina oleh PMI Maros dengan memberikan pemahaman mengenai pentingnya mendonorkan darah untuk kesehatan. Warga kampung donor darah akan selalu siap mendonorkan darahnya.

Terutama jika ada pihak yang membutuhkan darah dan stok darah di Rumah Sakit Salewangang Maros sudah terbatas dan akan habis. PMI Maros pun mekinta kepada warga Desa Sudirman untuk tidak takut melakukan donor darah, sebab setiap darah yang dikeluarkan akan berganti dengan cepat.

“Jika warga rutin mendonor darah, maka daya tahan tubuhnya akan kuat dan tidak mudah sakit. Pendonor juga jarang menjalani perawatan medis jika sakit,” tambahnya.

Sementara itu, Humas Brigif 3 Para Rider Kostrad TNI AD Kapten Alif Jibril mengatakan, setidaknya ada sekitar 2000 lebih personel yang selalu siap mendonorkan darahnya.

“Kostrad siap mendukung penuh kegiatan ini. Di sini ada tiga batalyon yakni 431, 432, dan 433 di Kostrad Sambueja Simbang. Serta Detasemen Markas (Denma) dengan jumlah personil lebih dari 2000-an,” ungkapnya.

Peluncuran program kampung donor darah tersebut dirangkaikan dengan pelantikan pengurus KSR-PMI unit Markas Maros dan pengurus unit Masyarakat Tanralili periode 2016-2018. Selain itu, dirangkaikan juga dengan peringatan hari lahir ke-15 KSR-PMI Markas Maros. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *