Kasus Kecelakaan Kerja Jadi Perhatian Wagub Sulsel

SULSELONLINE.COM, MAKASSAR – Kasus kecelakaan kerja yang mengakibatkan tenaga kerja meninggal dunia menjadi perhatian Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang.

Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang menyerahkan piagam penghargaan pada peringatan Bulan K3 Tingkat Provinsi Sulsel. (Ist.)

Menurutnya, meskipun terjadi peningkatan pelaksanaan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), namun kasus kecelakaan kerja yang mengakibatkan tenaga kerja meninggal dunia masih terjadi di beberapa tempat.

Hal tersebut disampaikannya saat bertindak selaku inspektur upacara Bulan K3 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017 di Lapangan Parkir Mobil Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Kamis (16/2/2017).

Disampaikannya, sesuai data BPJS Ketenagakerjaan, memang terjadi penurunan kasus kecelakaan kerja dari 110.285 kasus yang terjadi di 16.082 perusahaan, dengan korban meninggal dunia sebanyak 530 orang di tahun 2015, menjadi 101.367 kasus yang terjadi di 17.069 perusahaan, dengan korban meninggal dunia sebanyak 2.382 orang sampai dengan bulan November 2016.

“Kita berharap, agar setiap kasus kecelakaan kerja tersebut dijadikan pelajaran yang berharga untuk mencegah tidak terulangnya kejadian yang sama di masa yang akan datang. Salah satu solusinya, dengan melakukan berbagai upaya perbaikan dan penyempurnaan sarana dan prasarana pelaksanaan K3 yang telah dan akan terus dikembangkan,” ujarnya.

Karena itu, dirinya meminta agar semua perusahaan dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat pekerjaan yang dialamni oleh para pekerja. Upaya tersebut tentu harus menjadi komitmen semua pihak yang terkait. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *