Kapolda Sulsel Imbau Personel Polisi Jaga Citra Kepolisian

SULSELONLINE.COM, MAROS – Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono perintahkan kepada personelnya agar tetap menjalin solidaritas dan kerjasama dengan masyarakat. Hal itu untuk mengembalikan citra Kepolisian di mata masyarakat.

Kunjungan Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono di Mapolres Maros. (Ist.)

Hal ini disampaikannya pada acara pengarahan dihadapan sekitar 600 personel Polres Maros di Gedung Serbaguna Maros, Rabu (22/2/2017).

“Dalam soliditas dibutuhkan keterbukaan dan saling bekerjasama dalam menyikapi berbagai potensi yang pada Polri maupun masyarakat,” ujarnya.

Mantan Kapolda Maluku itu juga mengimbau kepada semua Polisi yang berada di daerah yang menggelar Pilkada agar tetap netral, pasalnya netralitas Polri dalam kegiatan politik sudah menjadi harga mati.

“Pilkada merupakan pesta demokrasi dalam menentukan masa depan negara kita. Saya imbau supaya personel tetap netral,” katanya.

Selain Polri dan TNI, imbauan tersebut juga diperuntukan kepada semua komponen yang terlibat dalam Pilkada, seperti KPU dan Panwaslu. Hal ini dilakukan untuk menghindari potensi konflik yang bisa terjadi.

“Keberadaan Polisi hanya sebagai aparat keamanaan untuk mewujudkan pilkada yang aman dan kondusif, bukan sebagai pelaku politik. Jika masih ada yang coba-coba terlibat dan tidak netral akan saya tindak tegas,” ujarnya.

Selain soal pilkada, dirinya juga membahas tentang peredaran narkoba di Sulawesi Selatan yang terus meningkat. Para pengedar narkoba menyasar generasi muda sebagai penerus bangsa. Menurutnya, narkoba merusak generasi, membuat hancur dan tidak ada kegunaan.

Karena itu, ia memberi peringatan kepada seluruh jajaran Polres Maros untuk tidak mencoba bermain-main dengan narkoba. Ia berjanji akan menindak tegas setiap polisi yang ada di wilayah ini jika terbukti terlibat narkoba.

“Jika ada oknum yang kedapatan komsumsi narkoba, maka sanksinya berupa pencopotan dan pemecatan,” tegasnya.

Sebelum melakukan pengarahan, Kapolda Sulsel dijamu makan pagi di Mapolres Maros bersama Bupati Maros HM Hatta Rahman, Ketua DPRD Maros H.A.S Chaidir Syam, Dandim 1422 Maros Letkol Kav Mardi Ambar Fajaryanto, Kajari Maros M Farhan dan Ketua Pengadilan Negeri Maros Hongkun Otoh.

Selain dengan jajaran Polres Maros, Kapolda Sulsel juga melakukan kunjungan tatap muka dengan prajurit TNI-AD Kodim 1422 Maros dan Brigif Para Raider 3/TBS Kostrad Kariango Maros.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *