oleh

Maju Pilgub Sulsel, IYL Bisa Pakai Jalur Independen atau Parpol

SULSELONLINE.COM, MAKASSAR – Mantan Bupati Gowa dua periode, Ichsan Yasin Limpo (IYL) makin memperlihatkan kesiapannya untuk maju bertarung pada Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan tahun 2018 mendatang.

Ichsan Yasin Limpo di acara PAN Sulsel beberapa waktu lalu. (Ist.)

Selain sudah siap melalui jalur independen, IYL juga terus melakukan komunikasi ke berbagai partai politik.

“Saat ini Kartu Tanda Penduduk yang dikumpulkan relawan sebagai syarat maju independen sudah mencapai 900.000. Artinya sudah melebihi dari target,” kata juru bicara IYL, Risky Fatmala Passalo kepada wartawan, Sabtu (18/03/2017).

Dia melanjutkan bahwa kesiapan Punggawa, julukan IYL tidak hanya melalui jalur independen, melainkan hingga saat ini masih terus melakukan komunikasi melalui jalur parpol.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan telah memastikan akan mengusung IYL. PAN memiliki 9 kursi DPRD Provinsi Sulsel.

“Iya, kita masih terus komunikasi dengan parpol, dan juga tim relawan masih terus mengumpulkan KTP. Jadi pengumpulan KTP akan terus dilakukan walaupun kita sudah melewati batas minimum untuk independen,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Provinsi Sulsel, Abdul Latief mengungkapkan, untuk maju sebagai bakal calon independen diperlukan 7,5 persen dukungan dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara keseluruhan di Sulsel, atau kurang lebih 500.000-an. Sementara untuk usungan parpol, dibutuhkan 20 persen total kursi di legislatif atau 17 kursi DPRD Sulsel.

“Soal jadwal tahapan Pilgub Sulsel, KPUD Sulsel hingga saat ini masih menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terbaru,” ungkapnya, melalui Gosulsel.com. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed