Al Quran Raksasa di Masjid Raya Makassar Jadi Daya Tarik Umat Muslim

Selain dikenal sebagai salah satu mesjid tua dan megah, Masjid Raya Makassar menyimpan sejumlah keunikan, salah satunya Al Quran raksasa.

Al Quran raksasa di Masjid Raya Makassar. (Merdeka)

Kitab suci berukuran 1×1,5 meter persegi dengan berat 584 kilogram tersebut menjadi daya tarik umat Muslim. Menjadi salah satu obyek wisata religi di Kota Makassar sejak 26 Agustus 2009.

Al Quran raksasa ini terpajang di lantai 2 Masjid Raya Makassar. Seperti Al Quran pada umumnya, tulisan ayat-ayat suci itu berjumlah 6.666 ayat yang terangkum dalam 30 juz serta 605 lembar. Al Quran ini ditulis oleh KH Ahmad Faqih dari Yayasan Al Asy’ariah Kalibeber Wonosobo Jawa Tengah.

Hal yang istimewa dari Al Quran tersebut adalah tintanya yang menggunakan spidol khusus warna hitam. Tinta yang digunakan berasal dari tinta Cina dan cairan air teh kental yang menghasilkan warna emas dan hijau pada hiasan di setiap halamannya.

Pada bulan Ramadan, Masjid Raya Makassar banyak dikunjungi oleh warga Makassar dan sekitarnya. Pada siang hari, banyak jemaah yang melaksanakan shalat Zuhur beristirahat sejenak sambil menunggu waktu shalat Ashar.

“Saya hampir setiap hari di masjid ini. Jadi kalau sudah shalat Zuhur, baring-baring sejenak sambil menunggu shalat Ashar. Jadi jika sudah segar setelah beristirahat sejenak, ya lanjut mengaji-mengaji,” kata salah satu jemaah, Muhammad Yasir, Minggu (28/5/2017) mengutip Kompas.com. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *