Camat dan Lurah Ikuti Sosialisasi Pajak Samsat Makassar II Utara

MAKASSAR, SULSELONLINE.COM – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel H Tautoto TR melakukan sosialisasi pajak daerah di Hotel Max One Panaikang Makassar, Selasa (28/8/2017).

Kepala Bapenda Sulsel Tautoto TR saat sosialisasi pajak di Makassar. (Ist.)

Sosialisasi dihadiri komunitas otomotif, masyarakat umum, para lurah, dan camat di Kota Makassar.

H Tautoto TR menyebut sosialisasi ini sengaja dilakukan dengan menghadirkan camat dan lurah sebagai peserta karena camat dan lurah merupakan ujung tombak pembangunan di Kota Makassar.

Selain itu, Makassar merupakan daerah yang paling banyak menikmati dana bagi hasil (DBH) dari Bapenda Sulsel.

Hingga Juli 2017, Kota Makassar telah menikmati DBH sebesar Rp171 miliar lebih yang jumlahnya terus meningkat. Hingga akhir tahun diprediksi dapat mencapai Rp300 miliar lebih.

“Makassar cukup banyak menikmati dana bagi hasil, karenanya kami meminta camat dan lurah ikut membantu Pemerintah Provinsi Sulsel dalam mencari penunggak pajak kendaraan,” ujarnya didampingi Kepala UPT Samsat Makassar II H Reza Faizal Saleh.

Toto, sapaan mantan Plt Bupati Soppeng ini membawakan materi tentang pajak dan layanan unggulan Samsat di Sulsel. Layanan unggulan dibuat untuk memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Bapenda Sulsel telah melakukan banyak terobosan untuk memanjakan wajib pajak di Kota Makassar antara lain Samsat Care dan Samsat Delivery yang memungkinkan wajib pajak membayar pajak kendaraan dari rumah atau kantor.

Samsat Care menyasar pekerja yang terikat oleh pekerjannya sehingga tidak dapat meninggalkan kantor seperti karyawan bank, dokter jaga, termasuk orang yang sedang sakit. Untuk mendapatkan layanan ini bisa menghubungi call center Samsat Care di 082191763377.

“Call center ini berlaku hanya di jam kerja yakni jam 07.30 wita sampai jam 15.00 wita,” ujarnya.

Terobosan lain yang dilakukan Bapenda Sulsel adalah Samsat Keliling, pelayanan e-Samsat di Bank Sulselbar, info pajak via SMS dan twitter, penagihan door to door, dan masih banyak lagi.

Sementara Kabid Perencanaan dan Pelaporan Bapenda Sulsel Darmayani yang juga membawakan materi, menyorot banyaknya kendaraan plat luar yang merusak jalan di Sulsel namun pajaknya dinikmati oleh pemda kendaraan tersebut berasal.

Paur STNK Samsat Makassar II AKP Darwis juga membawakan materi terkait registrasi dan identifikasi kendaraan di Sulsel. Sosialisasi ini dihadiri sekitar 100 peserta berasal dari berbagai kecamatan di Makassar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *