oleh

BNN Sebut Pengguna Narkoba di Sulsel Capai 130 Ribu

MAKASSAR, SULSELONLINE.COM – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulsel Brigadir Jendral Polisi Mardi Rukmianto melaporkan jumlah pengguna narkotika yang terdeteksi di Sulsel mencapai angka 130 ribu.

Ilustrasi pengguna narkoba. (Int.)

“Jumlah pengguna narkoba di Sulsel 130.000 orang di tahun 2016, yang pecandu berat 40 persen, yang menggunakan jarum suntik 15 persen, rata-rata menggunakan narkoba tiga kali sehari,” sebutnya saat bertemu Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL), Selasa (12/9/2017).

Masih dalam laporannya, BNN menyebut, tahun 2016 jumlah yang direhabilitasi 1428 orang baik di pusat rehabilitasi pemerintahan dan swasta. Jumlah penindakan 1621 kasus.

“Apa yang saya sampaikan membuat Gubernur Sulsel terkejut, saran dari beliau melakukan penindakan secara temporary untuk menekan jumlah peredaran dan pengguna,” sebutnya kepada wartawan usai diterima Gubenur Sulsel.

Dia mengaku, pihaknya akan berusaha menurunkan angka peredaran narkoba di Sulsel, walaupun diakuinya peredarannya sangat cepat.

Sementara itu SYL menyatakan prihatin dan menjadikan narkoba sebagai perhatian serius pemerintah.

“Saya khawatir dengan laporan ini, laporan sebelumnya semuanya baik-baik saja. Angka ini harus diturunkan, berikan saya petanya,” ujarnya.

SYL juga menyebut akselerasi jumlah pengguna di seluruh Indonesia memang meningkat. Untuk itu harus hadir agenda upaya pencegahan baik represif atau pengedalian sosial maupun preventif  atau pencegahan dini dari semua pihak. (*)

Pemkab Maros     Bapenda Sulsel     DPRD Kota Makassar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *