oleh

Pemkab Wajo Terima Rp37,9 Miliar dari Bapenda Sulsel

WAJO, SULSELONLINE.COM – UPT Pendapatan Wilayah Wajo Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel melakukan sosialisasi pajak daerah di Sengkang, Selasa (12/9/2017).

Sosialisasi pajak daerah di Kabupaten Wajo. (Ist.)

Kepala Bapenda Sulsel H Tautoto TR yang diwakili Kabid Perencanaan dan Pelaporan Darmayani membuka dan membawakan materi dalam sosialisasi tersebut. Kegiatan serupa juga digelar di 23 kabupaten dan kota lainnya di Sulsel.

“Sosialisasi seperti ini dilaksanakan di 24 kabupaten dan kota termasuk di Wajo. Sosialisasi kami gelar untuk memperkenalkan layanan unggulan yang dikembangkan oleh Bapenda Sulsel,” ungkapnya.

Dia menyebut, program unggulan tersebut dibuat untuk memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan. Program unggulan tersebut antara lain gerai pajak, Samsat Delivery, Sistem Informasi Pajak Daerah (Sipada), Samsat Keliling dan lainya.

“Sekarang ini wajib pajak sudah bisa mengetahui pajak bermotor melalui SMS dan media sosial Twitter,” katanya.

Ditambahkannya, Samsat hanya mengurus pajak kendaraan bermotor, biaya balik nama kendaraan, pajak BBM kendaraan, pajak rokok dan pajak air dan tanah, dengan sistem bagi hasil dengan daerah.

Untuk dana pajak bagi hasil khusus pajak motor, provinsi mendapatkan 70 persan dan daerah mendapat 30 persen, sementara untuk BBM provinsi mendapat 30 persen dan daerah mendapat 70 persen.

“Jadi pendapatan pajak dengan sistem bagi hasil antar provinsi dengan daerah yakni kabupaten dan kota, hasil bagi pajak ini akan digunakan untuk pembangunan di daerah, termasuk Kabupaten Wajo. Untuk itu diharapkan masyarakat khususnya para wajib pajak untuk rajin membayar pajak. Membayar pajak tepat waktu berarti ikut berpartisipasi meningkatkan pembangunan infrastruktur di Wajo,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pendapatan Wilayah Wajo H.A Fitri Dwi Cahyawati mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk memberikan pengetahuan pajak kepada wajib pajak di Wajo sehingga mereka mengetahui layanan unggulan dan kemudahan dalam membayar pajak.

“Hingga Agustus 2017, Pemkab Wajo telah menerima dana bagi hasil dari Bapenda Sulsel sebesar Rp37,9 miliar,” ungkapnya.

Sosialisasi pajak ini dihadiri seratusan peserta. Tampil juga pemateri dari pihak Kepolisian dan Jasa Raharja Wajo. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed