oleh

Samsat Maros Sweeping Kendaraan Menunggak Pajak dan Plat Luar Sulsel

MAROS, SULSELONLINE.COM – Samsat Maros melakukan operasi penertiban kendaraan yang belum membayar pajak, Selasa (12/9/2017).

Samsat Maros saat sweeping kendaraan berplat luar Sulsel. (Ist.)

Operasi yang digelar di halaman Masjid Al Markas Al Islami Maros itu diwarnai dengan keluarnya sejumlah surat tilang bagi pemilik kendaraan oleh Polantas Polres Maros.

Surat tilang diberikan kepada penunggak pajak kendaraan dan pemilik kendaraan plat luar Sulsel yang tidak bisa memperlihatkan surat jalan atau surat jalannya sudah kadaluarsa lewat dari 90 hari.

Tilang ini didasarkan pada Undang Undang Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan dan Surat Kapolri No: B/700/II/2017 per 8 Februari 2017 Perihal Petunjuk Pengesahan STNK.

Kepala UPT Pendapatan Wilayah Samsat Maros Hj Zainab menyampaikan, ada sejumlah kendaraan yang ditilang oleh pihak Kepolisian yang menyertai kami melakukan penertiban kendaraan.

“Kendaraan itu ditilang karena menunggak pajak dan kendaraan luar Sulsel yang masa surat jalannya sudah kadaluarsa,” ungkapnya.

Ditambahkannya, jumlah tilang denda maksimal Rp500 ribu, minimalnya tergantung pada seberapa berat pelanggaran yang dilakukan. Pembayaran dilakukan di bank yang ditunjuk, yakni BRI, bukan membayar langsung di tempat.

“Saya berharap para pemilik kendaraan yang belum membayar pajak atau belum mengesahkan masa berlaku kendaraanya sebaiknya membayar pajak agar terhindar dari tilang,” harapnya.

Untuk saat ini, Samsat Maros telah memberikan kemudahan kepada para wajib pajak kendaraan untuk membayar pajak di kantor Samsat Maros maupun di Samsat Keliling.

Samsat Maros juga menyedikan fotocopy gratis bila ada kekurangan berkas yang dibutuhkan petugas seperti KTP, serta fotocopy STNK dan BPKB. Wajib pajak tidak perlu keluar mencari fotocopy karena Samsat sudah siapkan fotocopy gratis bagi wajib pajak.

Sementara itu, Kasi Pendataan dan Penagihan UPT Maros Heikal Sulaiman menjelaskan, dalam penertiban ini ada 26 wajib pajak yang langsung membayar pajak di tempat melalui Samsat Keliling. Sementara kendaraan yang terjaring dan terdata tidak membayar pajak tepat waktu sebanyak 83 unit, yakni 46 roda dua dan 11 roda empat. (*)

Pemkab Maros     Bapenda Sulsel     DPRD Kota Makassar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *