Minum Kopi Tiga Cangkir Tiap Hari Turunkan Risiko Kematian Dini

SULSELONLINE.COM – Selain memberikan kenikmatan kepada para pecandu kopis, ternyata meminum kopi sebanyak tiga cangkir dalam sehari diyakini memiliki dampak positif untuk kesehatan.

Ilustrasi minum kopi. (Int.)

Bahkan, para ahli menemukan bahwa konsumen yang rutin meminum kopi, diketahui 17 persen lebih kecil kemungkinan mati muda.

Dilansir The Sun, mereka juga melihat risiko kematian jantung mereka turun seperlima. Begitu juga dengan penyakit Alzheimer mengalami penurunan hingga seperempat, serta penyakit hati lebih dari sepertiga.

Peminum kopi yang sering juga diketahui 18 persen lebih kecil kemungkinannya terkena kanker daripada mereka yang hanya meminum sesekali saja. Konsumsi kopi yang tinggi juga dapat mengurangi risiko asam urat dan mengurangi kemungkinan diabetes tipe 2.

Penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal ini menyimpulkan beberapa cangkir kopi sehari lebih cenderung menguntungkan kesehatan daripada menyakitinya. Kendati begitu, mereka belum dapat memastikan apakah kesehatan itu karena kopi atau kebiasaan lainnya yang memanh dilakukan oleh para peminum kopi itu.

Associate Professor di University of Warwick, Inggris, Oyinlola Oyebode berkesimpulan bahwa konsumsi kopi moderat tidak hanya aman, namun lebih mungkin dikaitkan dengan manfaat bagi kesehatan pada mayoritas orang dewasa.

“Tapi ada kemungkinan hubungan dengan kesehatan lebih baik disebabkan oleh hal lain yang mungkin dilakukan peminum kopi,” katanya.

Peneliti dari Universitas Southampton Inggris, Julie Parkes, mengatakan bahwa senyawa biologi dalam kopi kemungkinan bertanggung jawab atas efek perlindungan tersebut.

“Sepertinya kabar baik untuk peminum kopi biasa. Temuan menunjukkan minum kopi lebih cenderung menguntungkan kesehatan ketimbang menimbulkan bahaya. Dan untuk pria, tidak ada risiko nyata dengan konsumsi sedang. Bukti menunjukkan tiga sampai empat cangkir sehari adalah jumlah ideal,” paparnya.

Kendati begitu, para ahli pun sepakat ada saat-saat tertentu ketika seseorang diimabu untuk menjahi kopi. Para periset memperingatkan terlalu banyak minum kopi, dapat berbahaya bagi perempuan hamil dan dapat meningkatkan kemungkinan patah tulang pada pada perempuan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *