Bapenda Sulsel Tangani Lima Pajak yang Hasilnya Dibagi ke Daerah

MAKASSAR, SULSELONLINE.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel saat ini menangani lima jenis pajak yang hasilnya akan dibagikan ke daerah atau kepada 24 kabupaten dan kota di Sulsel.

Sosialisasi pajak daerah yang digelar Samsat Makassar II. (Ist.)

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel Tautoto TR saat membawakan materi dalam sosialisasi pajak daerah yang digelar oleh Samsat Makassar II di Hotel Dalton Makassar, Jumat (8/12/2017).

“Pajak tersebut adalah pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor sebanyak 30 persen diberikan kepada kabupaten dan kota, 70 persen diberikan kepada provinsi,” ungkapnya.

Selanjutnya, pajak rokok sebanyak 70 persen akan diberikan kepada kabupaten dan kota sedangkan provinsi hanya menikmati 30 persen. Pajak air permukaan hasilnya dibagi rata, 50 persen untuk provinsi dan 50 persen untuk kabupaten dan kota.

“Hingga 31 Oktober 2017 Pemkot Makassar telah menikmati dana bagi hasil dari lima pajak yang dikelola Bapenda Sulsel tersebut, sebesar Rp269 miliar lebih,” tambahnya.

Dana tersebut selanjutnya digunakan untuk membangun infrastruktur dan program kesehatan, pendidikan gratis, penegakan hukum, pembangunan smoking area dan membiayai kegiatan lainnya.

Sosialisasi ini dihadiri seratusan peserta yang merupakan diler kendaraan, komunitas pemilik kendaraan, ASN, mahasiswa, dan sejumlah pelanggan Samsat Makassar.

Juga dihadiri perwakilan dari kepolisian dan Jasa Raharja yang merupakan Mitra Bapenda Sulsel. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *