Sulbar Ikuti BBNKB 10 Persen Bapenda Sulsel

MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dan anggota DPRD Sulbar dari pansus perubahan perda berkunjung ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk terkait perubahan peraturan daera (perda).

Perda tersebut mengatur tentang pemberian insentif bea balik nama kendaraan baru (BBNKB) sebesar 20 persen. Dengan pemberian subsidi ini, BBNKB di Sulsel menjadi 10 persen yang sebelumnya sebesar 12,5 persen.

“Ini yang akan kami ikuti di Sulsel sebagai saudara tua, kalau Sulsel menurunkan BBNKB, kami juga akan menurunkan BBNKB sama dengan yang berlaku di Sulsel,” kata ketua rombongan yang juga Ketua Pansus Pajak Dra Hj Jumiati Andi Mahmud, Senin (19/3).

Rombongan diterima kepala Bapenda Sulsel Drs H. Tautoto TR, M.Si didampingi sejumlah kepala bidang dan pejabat di Bapenda Sulsel.

Kepala Bapenda mengatakan, selain BBNKB yang turun, di Sulsel juga sudah dilakukan penurunan pajak progresif.  Dulu pajak progresif kendaraan kedua sebesar 2,5 persen turun menjadi 2 persen, dulu pajak progresif kendaraan ketiga 3,5 sekarang 2,25 persen, sebelumnya pajak progresif kendaraan keempat sebesar 4,5 persen, sekarang 2,5 persen, dulu kepemilikan kendaraan kelima dan seterusnya sebesar 5,5 persen, sekarang hanya 2,75 persen.

“Banyak sekali manfaat yang kami ambil dari pertemuan ini, semga dapat bermanfaat untuk perubahan perda pajak di Sulbar,” kata Jumiati.

Saat ini BBNKB di Sulbar sebesar 12 persen. Ia berharap dengan BBNKB sebesar 10 persen, warga Sulbar tidak lagi membeli kendaraan di Sulsel.

Perubahan perda tentang NJKB tersebut diatur dalam Perda Nomor 8 Tahun 2017, tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah.(Alim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *