Dinas Tanaman Pangan Kumpulkan Admin Sistem Informasi

MAKASSAR – Untuk mengoptimalkan peran petugas admin terhadap pelayanan data dan informasi yang cepat dan akurat melalui Sistem Manajemen Informasi Penyuluhan Pertanian (SMIPP), UPT Pelatihan Sumber Daya Manusia Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan Pertemuan Apresiasi Petugas Admin Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan (SIMLUH) Tahun 2018.

Pertemuan ini dilaksanakan di Hotel Grand Palace jalan Tentara Pelajar No. 50 Makassar selama 3 (tiga) hari tanggal 18 s.d 20 April 2018.

Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas admin dalam mengaplikasikan program yang berfokus pada data base ketenagaan, kelembagaan, penyelenggaraan dan sarana prasarana penyuluhan pertanian dan pemutakhiran data – data penyuluhan pertanian.

Peserta Pertemuan ini berjumlah 50 orang terdiri dari 48 orang petugas admin simluhtan Kabupaten/Kota dan 2 orang petugas admin simluh Provinsi.

Narasumber berasal dari Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP Kementerian Pertanian dan UPT Pelatihan Sumber Daya Manusia Pertanian DKPTPH Prov. Sul-Sel.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Sulsel Ir. Hj. Fitriani, MP dalam sambutannya mengatakan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam mengembangkan sistem penyuluhan pertanian sangat diperlukan, khususnya dalam percepatan proses penyelenggaraan penyuluhan pertanian diberbagai tingkatan. Penguasaan teknologi informasi tersebut memerlukan program yang sistematis, terencana dengan baik dan berkesinambungan serta dapat dipertanggungjawabkan.

Aplikasi Simluhtan sangat penting karena digunakan sebagai basis data dan menjadi salah satu acuan dalam pengambilan kebijakan dari perencanaan dan penyusunan anggaran. Untuk itu penguatan dan keberlanjutan terbangunnya simluhtan dan cyber extension ini diperlukan sumber daya manusia yang handal untuk mengelola aplikasi tersebut.

Lanjut kata beliau Melalui kegiatan ini diharapkan petugas admin mengetahui tahap-tahap pengisian format data melalui entry program simluh, meningkatkan kapasitas admin dalam mengaplikasikan program yang berfokus pada data base ketenagaan, kelembagaan, penyelenggaraan dan sarana prasarana penyuluhan pertanian serta penyediaan materi dan informasi penyuluhan pertanian.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *