oleh

Laporan Keuangan Maros Kembali Raih WTP

SULSELONLINE.COM, MAROS – Kabupaten Maros kembali menorehkan prestasi bidang keuangan. Maros kembali berhasil memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulsel atas laporan keuangan Pemkab Maros tahun 2017.

Ini merupakan opini WTP lima kali berturut-turut yang diraih Kabupaten Maros. Terhitung sejak tahun 2014 lalu Maros berhasil meraih WTP dan dapat mempertahankan hingga tahun 2018 ini.

Opini WTP ini dibacakan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulsel, Widiyatmantoro yang menyampaikan bahwa pemeriksaan keuangan ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran Laporan Keuangan Pemkab Maros tahun 2017 dengan memperhatikan kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas sistem pengendalian intern.

Meski memperoleh opini WTP, namun BPK masih menemukan beberapa permasalahan. Seperti pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan belum optimal dan pengelolaan utang jangka pendek lainnya belum memadai, realisasi jasa pelayanan kesehatan pada RSUD Salewangang Maros tidak sesuai dengan ketentuan.

“Tapi permasalahan ini secara umum tidak mengotori laporan keuangan,” ungkapnya.

Sedangkan Bupati Maros, HM Hatta Rahman mengakui pemeriksaan tahun ini jauh berat dibanding tahun sebelumnya. Pemeriksa tahun ini sangat teliti dan lebih baik.

“Dengan begini tentu kedepan kami akan lebih baik lagi dalam pelaporan keuangan sehingga laporan keuangan Maros bisa lebih berkualitas,” jelasnya.

Penerimaan laporan hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemkab Maros tahun 2017 ini dihadiri sejumlah Pejabat Pemkab Maros, termasuk Ketua DPRD Maros, H.A.S Chaidir Syam. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed