Selayar Berpeluang Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

SULSELONLINE.COM, MAKASSAR – Kepulauan Selayar disebut-sebut layak menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata. Sebab potensi pariwisata Selayar sangat baik.

Pesona keindahan Selayar dapat terlihat dari gugusan terumbu karang tunggal yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Takabonerate. Gugusan ini merupakan yang terbesar di Indonesia dan ketiga terbesar di dunia.

Selain itu, ada pula Wisata Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) yang menunjukkan berbagai peninggalan berupa barang langka dan antik, seperti Gong Nekara dari Tiongkok yang merupakan peninggalan Dinasti Sung pada tahun 600 SM.

Selayar juga memiliki wisata bawah laut yang tidak ada di belahan dunia manapun, yaitu dinding jurang palung laut yang dinamakan Magic Wall. Dengan potensi tersebut, Selayar bakal dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono, menyampakan mengatakan pasca kunjunganya ke Selayar beberapa waktu lalu, akan segera membahas hal tersebut.

“Sudah dibahas untuk pengusulannya, karena kalau treknya nasional itu urusan presiden. Tapi kalau subjeknya lokal maka urusan gubernur. Makanya kalau trek nasional kan dia belum diusulkan. Cuma kalau trek lokal masih bisa aja,” ujarnya, melalui media, Selasa (19/6/2018).

Menurutnya, daerah maritim tersebut berpeluang namun harus dibarengi dengan pertumbuhan di sektor penerbangan.

“Selayar berpeluang. Maksudnya untuk trek pariwisata, tapi analisisnya harus dikaitkan dengan penerbangan Bulukumba. Baru bisa kelihatan satu kesatuan. Jadi tidak bisa sendirian,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *