Tim Penilai BUMDes se Sulsel Kunjungi Desa Borikamase Maros

MAROS – Tim Penilai Badan usaha Milik Desa (BUMDes) Pemprov Sulsel melakukan penilaian ke BUMDes Beringin Desa Borikamase Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros.

Kunjungan tim penilai tersebut dilakukan dalam acara penerimaan yang dihadiri Sekda Maros, Baharudddin mewakili Pemerintah Kabupaten Maros dan Anggota DPRD Sulsel asal Maros, A Muh Irfan AB, pada Selasa 24 Juli lalu.

Menurut Ketua Tim Penilai BUMDes Pemprov Sulsel, Ferry Patiallo, Maros merupakan kabupaten yang ke-18 yang mereka kunjungi. Dari 21 kabupaten, hanya tiga daerah yang tak ikut berpartisipasi di ajang tahunan ini.

Keikutsertaan tahun ini lebih meningkat. Dalam penilaian lomba BUMDes ini ada 12 indikator, masing-masing perolehan nilai akan dijumlahkan menjadi skor akhir. Indikator penilaian itu di antaranya dokumen pendirian BUMDes, jumlah unit usaha, struktur organisasi, penyertaan modal, kontribusi, mitra BUMDes dan lainnya.

Dari beberapa BUMDes yang telah dikunjungi dalam penilaian, ditemukan kekurangannya, di antaranya laporan pembukuan keuangan yang belum bagus. Kali ini di BUMDes Beringin Borikamase Maros, pihaknya akan mengecek laporan pembukuan keuangannya.

“Kita akan cek omsetnya, sudah sesuai kah dipembukuan? Kita akan lihat dari bulan ke bulan, tahun ke tahun, apa masih sama atau ada peningkatan. Kami berharap dari penilaian ini, Maros bisa masuk 6 besar,” ujarnya, saat dikonfirmasi, Sabtu (28/7/2018).

Sementara A Muh Irfan AB menyampaikan, sebagai wujud kepeduliannya terhadap pengembangan desa, pihaknya akan membuat akademi desa dan juga akan mengusulkan anggaran dana desa dinaikkan untuk anggaran alokasi BUMDes.

Terpisah, Kepala Desa Borikamase Maros, Aswing mengharapkan BUMDes tersebut menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat Desa Borikamase dan menjadi contoh untuk BUMDes lainnya.

“Pengelolaan BUMDes menjadi kontribusi pemikiran yang serius untuk memikirkan potensi unit usaha dan mencari solusi atas kendala masyarakat dalam modal usaha,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *