oleh

Ini Walikota dan Bupati di Sulsel Peraih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2018

MAKASSAR, SULSELONLINE.COM – Sejumlah kepala daerah di Indonesia meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2018.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Soni Soemarsono, dalam malam penganugerahan di Pantai Losari Makassar, Kamis 30 Agustus malam.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresia kepada kepala daerah yang mempunyai visi membangun wilayahnya menghadirkan inovasi. Hasil penjurian penghargaan yang diinisiasi oleh media nasional ini menempatkan 35 kepala daerah sebagai Kepala Daerah Inovatif 2018, yang terdiri dari 19 bupati, 12 wali kota dan 4 gubernur.

Soni Soemarsono menegaskan bahwa kepala daerah mendapat perlindungan hukum dalam menjalankan program inovatif. Karena itu, kepada Kepala Daerah harus juga berani dalam berinovasi.

“Perlu saya nyatakan, karena bertindak inovatif itu kadang dilakukan dengan pemikiran serta tindakan yang tidak biasa dan di luar rutinitas. Faktanya banyak yang nggak berani bergerak karena khawatir serta takut dikriminalisasi,” ujarnya.

Ditegaskan, kegagalan sebuah proyek inovasi bukan sebuah kerugian bagi negara. Karenanya Pemerintah telah mengeluarkan PP 38/2017, yang memberikan perlindungan kepada kepala daerah untuk berinovasi.

Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2018 ini terbagi atas kategori Spesial Achievment, bidang Ekonomi dan Pembangunan, bidang Infrastruktur dan Bangunan, bidang Lingkungan Hidup dan bidang Sosial Budaya.

Kepala daerah di Sulsel yang meraih penghargaan ini, yakni Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono memperoleh penghargaan Life Time Achievment. Wali Kota Makassar, Danny Pomanto dan Bupati Banteang, Nurdin Abdullah menerima penghargaan Spesial Achievment.

Wali Kota, Danny Pomanto juga meraih penghargaan untuk bidang Ekonomi dan Pembangunan. Sedangkan Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah juga meraih penghargaan bidang Infrastruktur dan Pembangunan. Kemudian Wali Kota Parepare, Taufan Pawe yang meraih penghargaan bidang Infrastruktur dan Pembangunan.

Untuk bupati, diraih Bupati Takalar Syamsari Kitta bidang Lingkungan Hidup, Bupati Maros, HM Hatta Rahman bidang Infrastruktur dan Pembangunan, Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid bidang Sosial Budaya dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo bidang Sosial Budaya.

Penghargaan Kepala Daerah Inovatif digagas dan diselenggarakan sejak 2014. Diharapkan menjadi agenda tahunan, agar muncul secara masive gerakan inovatif dari daerah-daerah. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed