oleh

Jusuf Kalla Sampaikan Tiga Sukses Indonesia di Asian Games 2018

JAKARTA, SULSELONLINE.COM – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menyampaikan, Indonesia telah mencapai tiga kesuksesan dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang. Kesuksesan tersebut, yakni terkait sarana dan prasarana, penyelenggaraan serta prestasi.

“Saya ucapkan selamat untuk kita semua yang telah berhasil mewujudkan Asian Games ke-18 ini meraih tiga sukses, dari sisi sarana dan prasarana, dari sisi penyelenggaraan, dan dari sisi prestasi,” ujarnya, dalam sambutannya pada Upacara Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu malam, seperti dikutip Antara.

Menurutnya, dalam hal sarana dan prasarana, Pemerintah Indonesia berhasil menggenjot pembangunan arena pertandingan dan juga jalur transportasi kereta api ringan (light rail transit) di Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat.

Sementara itu dari segi prestasi, untuk pertama kalinya Indonesia mencetak sejarah dengan prestasi tertinggi dan berada di urutan empat besar sejak pelaksanaan Asian Games pertama di India 1951.

“Ini adalah capaian prestasi tertinggi Indonesia dalam sejarah keikutsertaannya di Asian Games, dari peringkat 17 pada Asian Games ke-17 dengan empat medali emas di Incheon Korea Selatan, naik ke peringkat empat dengan 31 medali emas di Jakarta ini,” kata Ketua Dewan Pengarah Inasgoc tersebut.

Sementara Presiden RI, Joko Widodo yang tengah berada di Lombok NTB untuk memantau penanganan pascagemba bumi, menyampaikan terima kasih kepada warga Indonesia karena turut menyukseskan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games.

Dia juga mengucapkan selamat dan terima kasih untuk kontingen seluruh negara atas kehangatan dan semangatnya yang menjadi Energi Asia sesungguhnya. Serta meminta kepada seluruh undangan closing ceremony untuk mendoakan korban gempa bumi di Lombok.

Sedangkan Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA), Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah mengucapkan terima kasih kepada Indonesia atas kesuksesan dalam menyelenggarakan Asian Games 2018.

“Terima kasih Indonesia. Kami sedih harus meninggalkan negeri indah ini. Namun, kami juga akan meninggalkan banyak kenangan. Terima kasih sudah membuat Asian Games ini menjadi nyata. Terima kasih atas keramahan kalian,” ujarnya.

Bahkan, dia pun mengucapkan terima kasih dalam bahasa Indonesia. Dia pun mengatakan bahwa Indonesia mempunyai kemampuan dalam menggelar event internasional. Tak lupa, dia juga turut bersimpati untuk korban gempa Lombok.

Pada pengujung sambutannya, dia mengucapkan terima kasih kepada relawan dan polisi serta kembali mengucapkan terima kasih dalam bahasa Indonesia.

Selain Wapres RI, Jusuf Kalla, hadir dalam acara tersebut di tibune kehormatan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, Ketua Inasgoc, Erick Thohir dan tamu kehormatan lainnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed