oleh

Kapolri dan Gubernur Sulsel Arak Api Obor Asian Para Games 2018

SULSELONLINE.COM, MAKASSAR – Api obor Asian Para Games 2018 disambut dengan meriah di Kota Makassar. Obor yang tiba di rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan disambut oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Rabu (12/9/2018).

Obor ini kemudian diarak bersama dengan Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dan Ketua Pelaksana Asian Para Games (INAPGOC), Raja Sapta Oktahari serta Wali Kota Makassar, Danny Pomanto.

Makassar adalah kota ketiga, setelah api diarak di Solo kemudian ke Ternate. Makassar kembali terpilih menjadi kota yang dilalui obor olahraga tingkat Asian, setelah obor Asian Games 2018.

Makassar menjadi saksi dan pelaku sejarah dalam kampanye kemanusian dalam bentuk olahraga, Asian Para Games 2018. Makassar juga merupakan kota dengan penyambutan terbesar.

“Hari ini kita menjadi saksi sejarah dan pelaku sejarah di Makassar. Api ini akan dibawakan untuk pertama kalinya setelah dari Ternate. Kami laporkan, ada 20 ribu orang yang turun ke jalan, kampanye mendukung kemanusiaan,” kata Raja Sapta Oktahari.

Sementara itu, Nurdin Abdullah menyebutkan, Sulawesi Selatan mendapat kehormatan untuk sebuah acara yang luar biasa dan merupakan kehormatan bagi masyarakat Sulsel.

“Kita berharap mudah-mudahan Asian Para Games bisa membawa nama besar di Indonesia, kita bangga,” sebutnya.

Dia juga menyebutkan, kegiatan ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia, nama Indonesia sebagai penyelenggara. Indonesia berada diurutan ke-empat pelaksanaan Asian Games, menempatkan Indonesia diperhitungkan di bidang olahraga.

Selain itu, dia mengaku bangga karena kegiatan ini dilaksanakan diawal kepemimpinannya dan berharap berjalan lancar. Terlebih lagi Sulsel akan menyambut pekan olahraga daerah atau Porda.

Api obor kemudian diserahkan oleh Ketua Panitia INAPGOC ke Gubernur Sulsel, untuk diserahkan ke Bahar Rahman, atlit atletik lempar lembing peraih medali emas di Asian Para Games 2005 di Vietnam.

Selanjutnya obor dibawa oleh sejumlah atlit, yakni Saldi atlit bulu tangkis peraih medali perak Pekan Paralimpik Nasional 2012 di Riau. Suwarni atlit atletik, Kapolri dan Wali Kota Makassar.

Obor kemudian tiba di Lapangan Karebosi Makassar yang dilaksanakan Festival Paralypian, kegiatan puncak dari acara parade obor di setiap daerah yang ditujukan untuk umum maupun komunitas-komunitas disabilitas, penampilan seni dari komunitas disabiltas, pagelaran musik, fun games, bazzar UMKM, pusat promosi dan informasi Asian Para Games 2018 serta penganugrahan dan penghargaan kota dan provinsi Para Games Asian. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed