oleh

Ribuan ASN Maros Diduga “TBC”

MAROS – Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Maros tidak bisa computer (TBC). Bupati Maros Ir HM Hatta Rahman mengancam mereka tidak bisa naik pangkat.

Jumlah ASN yang terancam sebanyak 1.522 orang. Mereka menjalani tes penggunaan computer di Gedung Serbaguna Pemkab Maros, Senin (5/11/2018).

Mereka adalah ASN yang akan naik pangkat pada periode April 2019 mendatang. Jika tak lulus tes ini, mereka akan terus mengidap TBC.

Pembukaan tes dihadiri Hatta Rahman, Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang, dan Sekretaris Daerah Baharuddin.

Hatta mengatakan, tes penggunaan computer ini dilakukan agar ASN Pemkab Maros memiliki keinginan untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang computer.

“Selama ini syarat naik pangkat hanya kehadiran, tes mengaji, dan bebas temuan. Kita menambah salah satu syarat naik pangkat adalah mampu mengoperasikan komputer,” terang Hatta.

Tes penggunaan perangkat komputer dilakukan Hatta karena mayoritas pegawai enggan untuk belajar mengoperasikan komputer. “Karena kalau tak dijadikan syarat untuk naik pangkat, mereka tidak ada keinginan untuk belajar dan maju,” papar Hatta.

Hatta berharap, ASN dapat mengoperasikan komputer yaitu minimal dapat menggunakan program microsoft word sehingga tidak gagap teknologi.

Dia menambahkan, ASN yang tidak lulus komputer dalam belajar kemudian mengulang tes ini hingga lulus. “Kalau tidak lulus tes komputer berarti kenaikan pangkatnya akan ditunda sampai yang bersangkutan lulus,” ujarnya.

Hatta menjelaskan, ia akan membuat gedung pelatihan komputer agar ada sarana dan prasarana bagi ASN yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam mengoperasikan komputer. “Sebenarnya harga laptop saat ini cukup murah tapi nanti kita akan siapkan gedung pelatihan komputer,” ujarnya.

Tes kompetensi penggunaan komputer ini dibagi dalam beberapa sesi. Tiap sesi terdiri dari 100 orang. Dinas Komunikasi dan Informatika yang bertugas memberikan soal yang terdiri atas empat level. Kepala Dinas Kominfo Andi Davied Syamsuddin menyebut, level D merupakan tes pengetahuan perangkat keras komputer, level C mengetahui program apa yang ada di komputer, level B mengoperasikan microsoft word sedangkan level A mengoperasikan microsoft excel.(*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *