oleh

Facebook Hapus 2.632 Akun dan Grup Palsu

Facebook tak ada henti-hentinya memberantas akun dan grup palsu di paltform mereka. Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini kabarnya telah memblokir 2.632 akun dan grup yang dianggap bermasalah.

Grup dan akun yang diblokir disalahgunakan untuk tindakan yang Facebook sebut ‘perilaku tidak otentik yang terkoordinasi’, seperti dikutip dari JPNN, Ahad (31/3/2019).

Aksi pemblokiran tersebut dilakukan pada dua platform-nya yakni Facebook dan Instagram. Akun tersebut nyatanya terkait dengan Rusia, Iran, Makedonia dan Kosovo.

Kendati demikian, Facebook menekankan bahwa tidak ada keterkaitan antara akun tersebut. Kesamaannya hanya terletak pada strategi yang digunakan.

Untuk diketahui, terdapat 1.907 akun yang terhubung dengan Rusia baik yang mengunggah spam atau menyentuh ranah politik di Ukrania, termasuk penggabungan Krimea ke Federasi Rusia.

Di samping itu, sebanyak 512 akun, grup, dan fanpage Iran kedapatan sering bersebrangan dengan media pemerintah Iran dan kerap memicu ketegangan di Timur Tengah.

Sedangkan sisnya, 212 akun dan fanpage yang berasal dari Makedonia dan Kosovo berpura-pura menjadi komunitas politik di Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Parahnya lagi, jangkuan akun-akun tersebut termasuk luas. Setidaknya 1,7 juta orang sudah bergabung pada satu atau lebih grup yang terhubung dengan Rusia. Sedangkan 1,4 juta orang mengikuti satu atau lebih fanpage Iran tersebut. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed