oleh

Bukti Sampah Plastik Sulit Terurai

*Viral Foto Plastik Bungkus Mi Instan Berusia 19 Tahun

Foto sampah plastik bungkus kemasan mi instan merek Indomie bertuliskan Dirgahayu 55 Tahun Indonesiaku, yang ditemukan di Pantai Sendang Biru di selatan Kabupaten Malang Jawa Timur, viral di media sosial.

Foto itu diunggah oleh Fianisa Tiara Pradani, lewat akun Twitter @selfeeani, pekan lalu.

Mahasiswi semester VIII Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (UB) itu mengatakan, foto sampah plastik bungkus kemasan mi instan tersebut didapatkan saat dia dan teman-temannya datang mengunjungi Pantai Sendang Biru untuk mengambil sampel penelitian untuk skripsi mengenai analisis mikro dan makroplastik.

Saat iseng membersihkan sampah plastik di pantai sambil menunggu air surut, dia menemukan bungkus Indomie yang sudah berusia 19 tahun tersebut.

Dia memotretnya dan kemudian mengunggahnya di Twitter. Beberapa jam kemudian postingan itu ramai ditanggapi oleh warganet.

Bahkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di-retweet kicauan itu. Mahasiswi angkatan 2015 yang biasa disapa Fia, tidak menyangka bahwa kicauannya akan viral, bahkan sampai di-retweet oleh Menteri Perikanan dan Kelautan.

Fia mengatakan, Susi Pudjiastuti merupakan menteri yang sukses. Menurutnya, berbagai kebijakannya membawa dampak positif bagi kondisi kelautan dan perikanan di Indonesia.

Selain itu, Fia juga berharap Kementerian Kelautan dan Perikanan lebih aktif membantu mengampanyekan bahaya sampah plastik, baik kampanye di media sosial maupun melalui kebijakan.

“Mungkin dapat lebih membantu menggerakkan masyarakat untuk peduli plastik dengan cara aktif dalam kegiatan kampanye antiplastik, sharing poster terkait dampak plastik melalui sosial media, hingga kalau bisa membuat kebijakan-kebijakan tentang penggunaan plastik, khususnya di area pesisir dan laut,” ungkapnya, mengutip Kompas, Jumat (12/4/2019). (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed