oleh

Ketua DPRD Maros Sosok Muda yang Punya Kepekaan Sosial

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maros periode 2014-2019, H.A.S Chaidir Syam, S.IP, MH dikenal sebagai tokoh muda yang cerdas, ramah, berintegritas dan memiliki kepekaan sosial.

Aktivis mahasiswa dan pemuda mengenalnya sebagai tokoh kharismatik yang disenangi dan dikagumi di kalangan kaum muda. Selalu tampil sederhana, kerap menyampaikan ide-ide cemerlang dan dikenal dekat dengan semua kalangan.

Chaidir Syam terpilih sebagai Ketua DPRD Maros setelah berhasil mendulang suara terbanyak diantara calon legislatif Partai Amanat Nasional (PAN) pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2014 lalu, yakni 7.701 suara.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Maros ini menilai politik adalah seni yang harus dipahami dengan baik.

Kepercayan sebagai wakil rakyat adalah pekerjaan mulia, karena setiap saat dapat berinteraksi dengan masyarakat, mendengarkan keluhan dan membantu menyelesaikannya.

“Bagi saya, yang terpenting bukanlah jabatannya, tetapi jauh lebih utama adalah memperjuangkan kepentingan masyarakat,” ujarnya, Sabtu (13/4/2019).

Sebelum berkecimpung di dunia politik, dia banyak menjalani proses pembelajaran dan pengemblengan di organisasi kemahasiswaan, organisasi kepemudaan dan lembaga swadaya masyarakat.

Dia pernah menjabat sebagai Ketua KNPI Maros, Ketua Pimpinan Pusat HPPMI Maros, juga Ketua Bidang Pengembangan Ilmu Pengetahun (PIP) PW IRM Sulawesi Selatan.

Dia berpengalaman bersentuhan langsung dengan masyarakat, melalui program Asisten City Forum Spesialist, Urban Coordinator program Swash Care International Indonesia, serta Non Goverment Organisation (NGO) lainnya.

“Saat masih jadi mahasiswa, saya aktif di organisasi, di situ lah karakter terbentuk. Pertemanan semakin luas dan kita dapat menambah capacity building. Mengikuti kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Pasca reformasi, saya menjabat Ketua BM PAN Maros dan akhirnya bergabung dengan Partai Amanat Nasional,” ungkapnya.

Di sela kesibukannya sebagai wakil rakyat, lulusan FISIP Unhas dan pasca sarjana UMI ini, aktif pada kegiatan sosial di sejumlah organisasi, diantaranya sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Maros, Ketua Mejelis Pembina Karang Taruna Maros, Ketua RAPI Maros, juga Ketua Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Maros. Serta beberapa organisasi lainya.

Baginya, menduduki jabatan Ketua DPRD harus pandai membangun sinergitas antara legislatif dan eksekutif. Komunikasi legislatif dan eksekutif harus berjalan sinergis dalam meciptakan tata birokrasi pemerintahan yang lebih baik, good governance.

“Semua persoalan dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik,” jelasnya.

H.A.S Chaidir Syam, S.IP, MH, caleg PAN untuk DPRD Maros, nomor urut 1 dapil Mandai dan Marusu.

Saat ini, dia kembali bertarung merebut kursi DPRD Maros. Caleg PAN nomor urut 1 di dapil Mandai dan Marusu. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed