oleh

Artis-artis yang Dikabarkan Lolos Jadi Anggota DPR RI

JAKARTA – Wajah DPR RI periode 2019-2024 bakal diisi sejumlah pesohor dari dunia hiburan. Sebanyak 91 calon anggota legislatif dari kalangan artis bersaing memperebutkan kursi di DPR RI.

Sejumlah artis dikabarkan lolos, diantaranya Ahmad Dhani, Mulan Jameela, Rachel Maryam, Krisdayanti, Rieke Diah Pitaloka dan Junico Siahaan.

Ahmad Dhani, Mulan Jameela dan Rachel Maryam diajukan oleh Partai Gerindra. Ahmad Dhani di dapil Jawa Timur I, Mulan Jameela di dapil Jawa Barat XI dan Rachel Maryam di dapil Jawa Barat II.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade mengatakan, ketiga artis tersebut diprediksi memenangi pertarungan.

“Kalau Mulan Jameela saya tahu lolos. Ahmad Dhani masih kejar-kejaran suara dengan Bambang Haryo Soekartono. Rachel juga lolos,” ujarnya, mengutip media, Senin (29/4/2019).

Jika menoleh pada lima tahun lalu, Partai Gerindra tak banyak mengusung pesohor sebagai calon anggota legislatif. Jumlahnya pun, tak jauh berbeda dengan tahun ini, karena partai berlambang Kepala Burung Garuda ini tak terlalu membutuhkan artis untuk mendulang suara.

Selain ketiga artis tersebut, ada Fauzi Baadilla di Dapil Jawa Barat VI dan Jamal Mirdad di Dapil Jawa Tengah.

“Partai kita berbeda dengan partai lain yang memang merekrut artis banyak-banyak untuk mendongkrak suara partainya, tapi lihat aja, kita kan sedikit calonkan artis. Kalaupun ada kalangan seniman yang maju pada Pemilu legislatif, itu karena sudah memiliki kedekatan dengan partai. Mereka dekat dengan kader Gerindra dan punya kemampuan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Saksi Pemenangan Nasional (BNSP) PDI Perjuangan, Arif Wibowo mengatakan, diperkirakan hanya tiga caleg dari kalangan artis yang akan melenggang ke parlemen, yakni Krisdayanti di Dapil Jawa Timur V, Rieke Diah Pitaloka di dapil Jawa Barat VII dan Junico Siahaan di dapil Jawa Barat I.

Dalam Pemilu 2019 ini PDI Perjuangan menyodorkan 16 calon anggota legislatif dari kalangan artis untuk bertarung memperebutkan kursi di Senayan. Selain ketiga artis yang diprediksi lolos tersebut, juga ada Chica Koeswoyo di Dapil DKI Jakarta I, Kirana Larasati di Dapil Jawa Barat I dan Ian Kasela di Dapil Kalimantan Selatan I.

“Sebenarnya kita masih menunggu sampai 70 persen data C1 yang masuk untuk memastikan ya, tapi yang sudah hampir pasti lolos itu Krisdayanti, Rieke dan Nico,” ujarnya kepada media.

Peneliti dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus menyebut wajah DPR periode 2019-2024 nampak suram jika menelisik dari nama caleg dari kalangan artis.

Dia mengatakan jika bertolak pada anggota legislatif periode saat ini yang berlatar belakang artis, kinerjanya jeblok. Bahkan ada yang menjadikan tugasnya sebagai anggota parlemen sebagai sambilan semata. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed