oleh

BI Sulsel Siapkan Rp5,6 Triliun untuk Ramadan dan Idul Fitri 1440

MAKASSAR – Mendukung kesiapan perbankan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat untuk uang pecahan pada saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Selatan menyiapkan uang kartal sebanyak Rp5,66 triliun.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan, jumlah tersebut merupakan nominal yang diperhitungkan melalui estimasi kenaikan jumlah permintaan uang pada periode Ramadan dan Idul Fitri yang lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.

Tak hanya itu, nominal uang kartal yang disiapkan di tahun 2019 ini lebih tinggi dibandingkan Ramadan dan lebaran tahun 2018 lalu, yakni sebesar Rp4,07 triliun.

Dana ini dipersiapan untuk kebutuhan penarikan tunai melalui kantor layanan maupun mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di tiap perbankan, termasuk layanan kas keliling kepada masyarakat.

“Khusus untuk layanan penukaran uang, kami akan menyiapkan sebanyak 85 titik penukaran uang, yang sebelumnya hanya 54 titik,” ungkapnya, melalui media, Senin (6/5/2019).

Dia pun meminta perbankan untuk dapat melayani kebutuhan uang kartal masyarakat lebih awal dan membuka layanan penukaran di titik kantor cabang. Serta menghimbau masyarakat agar menukar uang di tempat penukaran resmi agar menghindari resiko beredarnya uang palsu. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed