oleh

Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa dengan Cara Ini

Bau mulut ketika berpuasa memang wajar terjadi, sebab tidak adanya asupan makan dan minum yang masuk menjadikan naiknya asam lambung.

Bau mulut kadang membuat minder berbicara dengan orang lain, tapi jangan khawatir, bau mulut bisa dihilangkan dengan cara mudah ini.

1. Sikat gigi dengan tambahan baking soda

Sikat gigi saja memang tidak cukup untuk menghilangkan bau mulut. Namun dengan pasta gigi mengandung baking soda bau mulut dapat dihilangkan, karena baking soda bisa membunuh bakteri dalam mulut.

2. Gunakan obat kumur

Berkumur dengan obat kumur yang sudah tersedia di pasaran bukan cuma bikin napas lebih segar, tapi juga bisa membantu menghilangkan bau mulut.

3. Pakai siwak

Miswak atau yang dikenal sebagai siwak atau sewak adalah cabang pohon Salvadora persica yang bermanfaat membersihkan gigi. Cara mengatasi bau mulut saat puasa dengan siwak terkenal di kalangan sebagian besar Muslim.

Berdasarkan penelitian, penggunaan siwak mampu membunuh bakteri. Sementara penelitian lain yang dilakukan oleh sekelompok dokter gigi di King Saud University menyimpulkan bahwa menggunakan miswak setidaknya sama baiknya dengan menggunakan sikat gigi biasa.

4. Perbanyak minum air putih

Memperbanyak minum air putih sangat dianjurkan apalagi ketika berpuasa seperti sekarang ini, sebab air putih bisa membantu menyehatkan tubuh.

5. Makanan yang dihindari dan dianjurkan saat sahur

Seberapa banyakpun kita sikat gigi, bau bawang susah hilang karena sudah bercampur dalam darah kita. Bukan hanya itu saja, keju dan kopi juga merupakan salah satu faktor mulut terasa bau.

Selanjutnya, perbanyak konsumsi buah-buahan juga menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut saat puasa. Buah dan sayuran pengusir bau mulut adalah apel, bengkuang dan wortel.

Sementara teh hijau yang mengandung bahan aktif catechin dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau setiap sahur. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed