oleh

KPU Mengaku Belum Tetapkan Capres-Cawapres Pemenang Pemilu 2019

JAKARTA – KPU telah menetapkan perolehan suara pasangan calon di Pilpres 2019. Banyak yang salah memahami KPU sudah menetapkan capres-cawapres terpilih, padahal baru sebatas perolehan suaranya saja.

“Sekarang ini hasil Pemilu masih berupa perolehan suara, belum sampai penetapan pasangan calon terpilih Pilpres,” ujar Komisioner KPU RI, Hasyim Asy’ari kepasa media, Kamis (23/5/2019).

Menurutnya, penetapan pasangan calon terpilih menunggu gugatan ke Mahkamah Konstutusi (MK) dari hasil perhitungan suara tersebut, dalam waktu 3 x 24 jam sejak penetapan suara. Pasalnya, bisa jadi gugatan itu mengubah suara yang sudah ditetapkan.

“Dalam jangka waktu 3 x 24 jam terhitung sejak 21 Mei 2019 pukul 01.46 WIB, sampai 24 Mei 2019 pukul 01.46 WIB, adalah masa pendaftaran gugatan PHPU atau Perselisihan Hasil Pemilihan Umum ke MK,” ungkapnya.

Apabila dalam jangka waktu tiga hari ke depan tidak ada paslon yang melakukan gugatan ke MK, maka KPU akan meminta konfirmasi dari MK terkait tak adanya gugatan PHPU Pilpres.

Jika tidak ada gugatan, KPU akan menetapkan hasil pemilu dengan menetapkan paslon terpilih melalui SK KPU. Namun, apabila terdapat gugatan PHPU Pilpres ke MK, KPU akan mengikuti proses pemeriksaan dan persidangan di MK.

“Begitu tuntas persidangan, akan diterbitkan Putusan MK yang bersifat final dan mengikat atau inkrah. Setelah itu KPU melangkah ke tahap berikutnya yaitu penetapan hasil pemilu berupa penetapan paslon terpilih dengan SK KPU,” pungkasnya.

Sebelumnya, KPU RI menetapkan hasil perolehan suara Pemilu 2019. Pengumuman itu dibacakan setelah KPU merampungkan tahapan rekapitulasi nasional hasil Pilpres dan Pileg 2019 di 34 provinsi dan 130 PPLN.

Hasil rekap menunjukkan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf mengalahkan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi dengan total suara sah Pilpres 154.257.601 suara. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed