oleh

Ustaz Arifin Ilham Titip Tiga Istrinya kepada Dua Pemuda

JAKARTA – Almarhum Ustadz Arifin Ilham menitipkan ketiga istri dan pesantrean pada dua sosok pemuda. Keduanya  tak lain adalah putra kandungnya, Muhammad Alvin Faiz dan Muhammad Ameer Azzikra.

Dalam kesempatan lain Ustadz Arifin Ilham juga menitipkan putra-putranya pada sahabat sekaligus muridnya, Ustad Abdul Syukur.

Ustadz Arifin Ilham meninggal dunia pada Rabu 22 Mei malam di Penang Malaysia dan telah dimakamkan pada Kamis 23 Mei, semalam. Pemakaman berlangsung di dekat Masjid Az-Zikra Gunung Sindur Bogor Jawa Barat.

Ustadz Arifin Ilham menghembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan kanker getah bening yang selama ini dideritanya.

Tak hanya meninggalkan nama dan kenangan yang baik, Ustaz Arifin Ilham rupanya juga memberikan wasiat kepada Muhammad Alvin Faiz dan Muhammad Ameer Azzikra.

1. Amalkan tujuh sunah

Sebelum wafat, Ustaz Arifin Ilham sempat berpesan pada kedua putranya. Selalu mengingatkan agar kedua putranya tersebut selalu menjaga dan mengamalkan tujuh sunah.

“Banyak ya tapi pesan yang kami inget selalu itu yang kita sampaikan, karena yang itu tujuh sunah tujuh surat,” ungkap Muhammad Amer Azzikra, putra kedua almarhum Ustadz Arifin Ilham, di Masjid Az Zikra Sentul Bogor, Kamis kemarin.

Dia menjelaskan tujuh sunah yang dimaksudkan ayahnya tersebut, pertama salat tahajud, salat duha, sedekah, baca Al-Quran, salat berjamaah, jaga wudu dan siwak.

2. Alvin Faiz pimpin Majelis Az-Zikra

Berpulangnya sang ayah membuat Muhammad Alvin Faiz harus menggantikan posisi Ustaz Arifin Ilham sebagai pimpinan Majelis Az-Zikra.

“Sebenarnya, gantikan posisi ayah sudah amanah, kalau dibilang siap, pasti enggak bisa jawab,” ujarnya di Masjid Az Zikra Sentul Bogor, Kamis kemarin.

Dia menyampaikan akan menjaga hal-hal yang sudah dibangun Ustadz Arifin Ilham selama ini.

“Insya Allah, kami mohon doa, insya Allah pastilah,” imbuhnya.

3. Jaga persatuan

Tak hanya soal ibadah dan pesantren saja, Ustaz Arifin Ilham juga berpesan pada Muhammad Alvin Faiz untuk selalu menjaga ucapan. Hal ini terkait dengan kondisi suhu politik tanah air yang memanas selama Pilpres 2019.

Ustaz Arifin Ilham meminta putranya untuk selalu menjaga ucapan dan persatuan. Tak lupa, almarhum juga meminta putranya untuk meningkatkan ibadah di Bulan Ramadan.

“Nasihat terakhir abi ke Alvin sore-sore waktu itu, masih ingat banget, di tengah hiruk-pikuk politik ini, abi bilang jaga mulut, jaga persatuan, ayo kita semua bersatu,” ucapnya di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Kamis kemarin.

Dia menlanjutkan, sebagai orang beriman, selalu berzikir, salat, pasti yang keluar baik-baik.

“Bahasa kayak cebong dan kampret, mohon maaf, itu enggak boleh, itu mulut orang beriman enggak boleh begitu. Pesan abi ayo kita bersatu banyak kepentingan yg lebih baik kita fokuskan ke yg lain. terlebih ini bulan puasa, seharusnya kita perbanyak ibadah dan hal-hal yang baik,” jelasnya.

4. Menjaga ibunda

Selain menitipkan pesantren, Ustaz Arifin Ilham juga berpesan pada kedua putranya untuk menjaga ketiga ibundanya sepeninggal almarhum.

“Tolong jaga mamah,” ucap Muhammad Ammer Azzikra, menirukan ucapan sang ayah, Kamis kemarin.

Terpisah, sahabat sekaligus murid Ustad Arifin Ilham, Ustad Abdul Syukur mengatakan, sebelum meninggal, Ustad berpesan agar dirinya bisa mendidik anak-anaknya dan meneruskan pondok pesantren.

“Ustad bilang, perjuangan tidak seperti umur manusia, jika umur manusia bisa habis perjuangan tak akan pernah habis, makanya kami berusaha untuk menjaga amanah beliau, salah satunya meneruskan ponpes Az-Zikra ini,” ujarnya, usai menghadiri pemakaman Ustad Arifin Ilham di Bogor, Kamis semalam.

Selain itu, Ustad Arifin Ilham juga menitipkan anak-anaknya kepada dirinya.

“Pesan beliau, anaknya jadikan ulama, jadikan imam, Insyaa Allah amanah ini kita jaga,” ucapnya.

Ustad Arifin Ilham di mata Ustad Abdul Syukur adalah orang yang sangat tegar dan kuat. Penyakit kanker kelenjar getah bening yang diderita tak pernah dirasa oleh pemilik Pondok Pesantren Az-Zikra tersebut.

“Beliau orang yang sangat gigih, sakitnya selalu tidak dirasakan sakit, beliau selalu bilang ini dari Allah SWT,” ujarnya.

Ustad Abdul Syukur pun mengatakan, usaha Ustad Arifin Ilham dalam menyembuhkan penyakit yang menggerogoti tubuhnya juga terbilang sangat gigih.

“Dengan berangkat ke Penang Malaysia, beliau ingin menunjukkan bentuk ikhtiar,” tambahnya.

Sementara itu, sehari setelah dimakamkan, istri ketiga Ustaz Arifin Ilham, Umi Akhtar, datang berziarah. Hal ini diketahui dalam unggahannya di Instagram. Umi Akhtar berziarah ke makam suami tercinta mengenakan busana serba putih.

“Aa Hari ini neng datang. Sesuai permintaan Aa dalam mimpi neng sebulan yang lalu Aa minta neng memakai baju putih,” tulisnya, Jumat (24/5/2019).

Dia juga menuliskan pesan manis untuk Ustaz Arifin Ilham. Umi Akhtar berterima kasih atas kenangan indah dengan almarhum semasa hidup.

“Terima kasih atas 19 bulan yang indah. Terima kasih atas anak sholehah yang cantik Shofiya Dzikriya Arifin. Selamat jalan Aa,” ungkap wanita bercadar tersebut.

“Inilah saat istirahat Aa. Berada di taman syurga sebelum syurgaNya. Sampai kita bertemu dan berkumpul lagi dalam jannahNya. In syaa Allah. Jazaakumullah atas perhatian dan ucapan dri sholeh sholehah,” tandasnya.

Sebelumnya, di akhir bulan Januari lalu, Ustadz Arifin Ilham  memberikan pesan untuk ketiga istrinya. Pesan romantis itu membuat hati para istrinya tersentuh.

Melalui pesannya, Ustadz Arifin Ilham memohon didoakan para istrinya agar dirinya bisa segera pulang.

“Assalammualaikuwarrahmatullahiwabarakatuh. Sayangku, Tayangku, Ayangku, keluargaku pada bidadari dunia akhirat fillah. Doakan imammu sebentar lagi berangkat, sekarang menunggu masih antrean. Insyaalah Allah sehat walafiatkan kita dalam kenikmatan istiqomah, wafatkan kita dalam khusnulkhotimah, Allah jadikan kuburan kita taman di antara taman surga. Dan di akhirat nanti, insyaalah aku yakin Allah tidak akan pisahkan kita karena kita saling cinta karena Allah. Allahuakbarwalillahilham, I love you more. Wassalammualaikumwarahmatullahiwabarakatuh,” ucap Ustadz Arifin Ilham pada video itu.

Di video tersebut, Sang Ustaz terlihat mengenakan penutup kepala beruba sorban dan peci berwarna putih. Dia juga terlihat menggunakan baju gamis putih dan jubah berwarna abu-abu. Wajah sang ustaz terlihat jauh lebih segar dari sebelumnya.

Banyak masyarakat menilai rumah tangga Ustadz Arifin Ilham yang begitu harmonis dengan ketiga istrinya.

Istrinya yang pertama bernama Wahyuniati Al-Waly merupakan putri dari ulama besar di Aceh. Istri kedua bernama Rania Bawazier berasal dari Jazirah Arab dan disebut sebagai putri Yaman oleh suaminya.

Istri ketiga berasal dari tanah Sunda dan menurut keterangan yang ditulis Ustadz Arifin Ilham, istri ketiganya ini merupakan janda dua anak. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed