oleh

Mencuci Piring Kurangi Kadar Stres Dalam Diri

Stres itu bisa jadi karena kurang bersih-bersih seperti melakukan kegiatan mencuci piring, dilansir Time lewat studi yang dilakukan oleh para peneliti di Florida State University, Amerika Serikat, kalau kegiatan sederhana ini dapat menenangkan hati dan juga pikiran.

Sehingga secara emosional jiwa akan terjaga lebih tenang, hebatnya lagi sistem kekebalan tubuh juga dapat meningkat dengan mencuci piring.

Tetapi bagi sebagian orang malas untuk mencuci piring karena padatnya pekerjaan membuat mereka menganggap tidak ada waktu untuk mencuci piring.

Dalam penelitian tersebut yang dipublikasikan lewat jurnal Mindfulness yang melibatkan 51 mahasiswa yang ditugaskan untuk fokus terhadap indera perasa saat mencuci piring, aroma sabun sampai kulit terkena busa, suhur air hingga bentuk dan desain piring.

Secara mengejutkan partisipan yang fokuskan diri pada indera perasa saat mencuci piring mengalami penurunan rasa gelisah sebsar 27 persen serta peningkatan stimulasi mental sebsar 25 persen.

Adam Hanley, seorang peneliti mengakan bahwa bukan mencuci piring saja yang dapat menurunkan rasa stres tetapi semua pekerjaan dalam prosesnya dinikmati secara hakiki dan bahagia dapat mengurangi stres.

Selain mencuci piring, ada lagi beberapa kegiatan yang dapat menurunkan kadar stres setiap orang.

  • Membersihkan laci yang berantakan mengurangi stres dan membangkitkan kenangan

Mungkin sering melakukan ini, menaruh barang sembarangan di laci sehingga saat membuka laci terlihat sangat berantakan. Bisa dari laci kerja atau pun laci rias di kamar tidur. Nah coba rapihkan dan sortir satu per satu barang di dalam laci, pilih yang masih bisa terpakai.

Siapa tahu kamu dari situ menemukan suatu barang dapat melepaskan rasa nostalgia yang menyenangkan bahkan mengunci ingatan.

  •  Mengajak jalan hewan peliharaan membuat mood naik perlahan

Tekanan darah sampai mengurangi rasa stres dapat kamu temukan dengan mengajak hewan peliharaan jalan-jalan, dan ini pun juga berlaku kalau kamu mengajak hewan peliharaan kamu berbicara.

Apabila kamu memiliki kucing peliharaan yang butuh perhatian sampai diajak main, tak ada salahnya mengajak jalan dan bermain. Bahkan tekanan darah turun dan mood positif dapat meningkat.

  •  Merapihkan taman dapat meningkatkan kesenangan 

Merapihkan taman atau berkebun dapat mengurangi stres yang ampuh. Kegiatan dilakukan seperti memindahkan tanaman ke pot, menyiram tanaman sampai merapihkan rumput liat adalah sumber kesenangan dari kegiatan berkebun.

Nikmatilah saat-saat menyentuh batu, tanah hingga rumput dan rasakan setiap sinar matahari menghujani badanmu sampai tiupang angin yang secara lembut menyentuh kulit.

Agar lebih menghayati rasakan pula aroma bunga, dedaunan dan tanah yang ada di taman atau kebun anda.

  •  Meracik makanan menghindari stres berkepanjangan

Zona dapur bukan lagi daerah yang akrab dengan perempuan tetapi ini juga bisa menjadi zona laki-laki. Memanggang roti sampai memasak menu kudapat dipercaya bisa memicu mindfulness pada diri kamu. Aroma harum masakan yang ditimbulkan dari bumu-bumbu yang bertarung dapat menhilangkan rasa stres sekaligus membuat lapar.

  • Mencuci kendaraan pribadi hilangan stres di pikiran dan hati

Kegiatan bersih-bersih seperti mencuci kendaraan pribadi menjadi sebuah rutinitas mingguan yang tidak bisa kamu lewatkan. Cara mengubah pekerjaan rutin tersebut menjadi aktivitas meditasi yang cukup menyenangkan dengan mengesampingkan hal-hal negatif.

Pusatkan pikiran dan rileks dengan menjalankan sepenuh hati otomatis akan membuat pekerjaan yang kamu kerjakan terasa menyenangkan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed