oleh

Pemkab Maros akan Kembangkan Budidaya Bibit Ikan Bandeng

Selama ini, Kabupaten Maros kesulitan dan kekurangan bibit ikan bandeng karena masih membeli dari luar Maros.

Karena itu, Pemkab Maros melakukan kunjungan belajar pembibitan ikan bandeng skala rumah tangga yang berkembang di Kabupaten Buleleng Provinsi Bali.

Kunjungan kerja ini dipimpin Bupati Maros, HM Hatta Rahman bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Maros.

Dia mengatakan, pihaknya melihat Kabupaten Buleleng berhasil mengembangkan budidaya bibit ikan bandeng.

“Kita akan mengoptimalkan potensi perikanan budidaya di Kabupaten Maros melalui adopsi teknologi budidaya perbenihan ikan bandeng. Ini salah satu bukti nyata peran Pemkab Maros dalam mendorong pembangunan masyarakat kelautan dan perikanan melalui sektor perikanan budidaya,” ujarnya, Senin (24/6/2019).

Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Maros, Muhisal mengatakan, Pemkab Buleleng telah mengembangkan pembibitan ikan bandeng skala rumah tangga, sehingga Maros berkeinginan untuk mengadopsinya ke petani-petani di daerah pesisir Maros.

“Kita telah melihat dan belajar cara mengembangkan pembibitan ikan bandeng di Buleleng. Nanti kita akan lihat bentuknya dan survei lokasi di Maros, yang cocok dan sesuai kondisi alam,” jelasnya.

Dia menyampaikan, selama ini Maros tergantung dari daerah lain untuk mendatangkan bibit bandeng. Kadang saat butuh, daerah lain tidak siap. Sehingga kekurangan bibit bandeng.

Dengan mengembangkan bibit sendiri pada skala rumah tangga, maka kedepan bibit bandeng bisa diproduksi sendiri dan tidak lagi bergantung pada daerah lain. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed