oleh

Lagu Kebangsaan Baru Indonesia Berbahasa Mandarin Jadi Perhatian Warganet

Lagu kebangsaan baru Indonesia berbahasa Mandarin menjadi perhatian warganet, setelah beredar di media sosial. Akun Facebook (FB) Fina Hidayat mengunggah video klip lagu yang berjudul Jayalah Indonesiaku versi Mandarin.

Dalam postingan video yang berdurasi 2 menit 19 detik itu, Fina menulis keterangan: “Terima kasih sdh dibuatkan lagu kebangsaan baru ??????”  Postingan itu sudah dibagikan lebih dari 4.000 kali.

Namun keterangan tersebut mendapat tanggapan dari Relawan Masyarakat Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (Mafindo), yang menyebut bahwa klip lagu tersebut bukanlah lagu kebangasaan baru.

Berdasarkan penelusuran Mafindo, klip lagu tersebut memang berjudul “Jayalah Indonesiaku Versi Mandarin”, dipublikasikan pada 28 September 2012 oleh akun Youtube PASHAIFUL CHANNEL (nonton tautan ini  www.youtube.com/watch?v=AYA-RDzUhmM)

Keterangan atau deskripsi pada video itu menyebutkan lagu tersebut adalah lagu wajib untuk lomba Paduan Suara Che Bin Sai Kota Pekalongan 2012 dalam rangka Sumpah Pemuda. Durasi video itu sebenarnya 3 menit 38 detik.

Relawan Mafindo, Adi Syafitrah menyebut, versi asli dari lagu tersebut juga sudah diunggah oleh akun youtube channel GNP Music pada 18 Agustus 2010. Lagu ini diciptakan oleh KRT Hendarmin Susilo, produser Gema Nada Pertiwi atau GNP (nonton tautan ini https://www.youtube.com/watch?v=6K-taPgY9w4).

“Jadi lagu tersebut bukan lagu kebangsaan baru seperti narasi yang ditulis oleh akun Fina Hidayat,” katanya, melalui laman Okezone, Rabu (3/7/2019).

Menurutnya, konten yang dibagikan akun Fina Hidayat adalah disinformasi atau konten yang salah. Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed