oleh

Pawai Obor Meriahkan Tahun Baru 1441 Hijriah di Jakarta

JAKARTA – Sekitar 4.000 obor meriahkan Jakarta Muharram Festival, Sabtu (31/8/2019). Pawai obor diawali dari Jalan Medan Merdeka Barat, Silang Monas, menuju ke Bundaran HI.

Para peserta pawai obor datang dari lima wilayah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu. Para peserta laki-laki mengenakan pakaian koko sedangkan perempuan kebanyakan memakai gamis.

Tampak masing-masing dari mereka memegang tongkat obor. Api yang digunakan bukan api sungguhan, melainkan lampu elektrik.

Sepanjang perjalanan para peserta mengumandangkan selawat. Nyanyian selawat diiringi tabuh gendang yang dibawa oleh sebagian peserta. Pawai obor ini sekaligus menjadi kompetisi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan, pawai obor merupakan bagian dari tradisi masyarakat Jakarta. Saat ini digunakan obor elektrik sebab tradisi ini mengikuti perkembangan tekhnologi.

Selain itu, menurutnya, Jakarta Muharram Festival 2019 bisa menggerakkan ekonomi masyarakat.  Ekonomi masyarakat itu khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jakarta.

“Ini juga kita ingin mendorong pergerakan perekonomian karena ada acara seperti ini maka potensi untuk pergerakan perekonomian menjadi sangat besar. Khususnya bagi usaha UMKM, ini pasti akan banyak yang berjualan, berdagang, mereka membeli dan ini sebuah pesta rakyat,” ucapnya, saat sambutan.

Jakarta Muharram Festival yang pertama kali dilaksanakan dalam menyambut dan meriahkan Tahun Baru 1441 Hijriah ini dibuka oleh ceramah ustaz Maulana.

Juga dimeriahkan oleh deretan artis ternama Tanah Air, seperti Kotak, Wali, Potret, Pasha, Opick, Koes Plus Junior, Wika Salim, Kanda Brothers, Jiung Band, Takaeda dan Hijab Band.

Selain Muharram Concert, festival ini juga memiliki beragam acara, pertunjukan dan penampilan, dari Halal Food Festival, Beauty Jakarta Festival, Muharram Concert, Piala Gubernur Pawai Obor dan Fire Dance.

Ada juga penampilan kesenian khas Betawi seperti Tari Topeng, Palang Pintu, Lenong dan Pantun, hingga Ondel-ondel feat Perkusi Marawis. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed