oleh

Pemko Makassar Keluarkan Imbauan Waspada Penyebaran Syiah

MAKASSAR  – Pemerintah Kota Makassar, mengeluarkan Surat Edaran yang berisi imbauan mewaspadai dan mengantisipasi penyebaran ajaran Syiah.

Surat edaran bernomor 400/402/Kesra/IX/2019 itu ditujukan kepada para camat se Kota Makassar. Surat edaran tersebut beredar di media sosial, Senin (9/9/2019).

Ada tiga poin utama yang disampaikan dalam surat itu, pertama mengimbau kepada masyarakat untuk waspada agar tidak terpengaruh dengan faham dan ajaran Syiah, khususnya dalam memperingati Asyuro 10 Muharram 1441 Hijriah.

Kedua, tidak memberikan peluang penyebaran faham syiah, yang sangat berpeluang menimbulkan keresahan masyarakat yang dapat mengancam keutuhan NKRI.

Poin ketiga, agar bertindak tegas dalam menangani aliran menyimpang, karena hal ini bukan termasuk kebebasan beragama tetapi penodaan agama.

Surat edaran tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Kota Makassar, M Ansar. Serta ditembuskan kepada Polrestabes Makassar, Kodim 1408 BS Makassar, serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar.

Surat edaran berisi imbauan itu merujuk pada surat edaran Pemprov Sulsel bernomor 450 pada 12 Januari 2017.

Saat itu, Pemprov Sulsel mengimbau para kepala daerah agar melakukan pembinaan, pengawasan dan kajian tentang ajaran Syiah yang dianggap meresahkan masyarakat.

Surat edaran Pemprov Sulsel kala itu berdasarkan sejumlah rujukan, antara lain Rekomendasi Rakernas MUI 2014 Nomor 6 tentang Meningkatkan Kewaspadaan Terhadap Penyimpangan Syiah dan Keputusan Komisi A Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se Indonesia V Tahun 2015 tentang Radikalisme Agama. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed