oleh

Susi dan Luhut Juga Pamit

JAKARTA — Sejumlah menteri di bawah jajaran Kementerian Koordinator Kemaritiman, berpamitan, jelang pembentukan kabinet Jokowi jilid II.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, berpamitan di akhir sambutannya saat melantik pejabat Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP). Dia pamit menjelang akhir masa jabatan sebagai menteri Kabinet Kerja I.

“Saya mohon maaf apabila selama hampir lima tahun kurang satu bulan setengah ini ada hal-hal yang mungkin kurang berkenan. Berbagai pernyataan, berbagai sikap, berbagai kebijakan tentu ada kekhilafan, ada kekurangpuasan,” kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2019).

Sementara Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, menyampaikan permohonan maaf kepada awak media seusai melangsungkan konferensi pers di Gedung Mina Bahari IV KKP, Jakarta, Senin (9/9/2019). Dia mengatakan, dirinya hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari salah dan khilaf kepada awak media selama 4,5 tahun menjabat menjadi Menteri KKP.

“Dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf apabila selama kita berinteraksi ada hal-hal yang tidak mengenakkan awak media karena saya orangnya sedikit tengil,” kata Susi Pudjiastuti di Jakarta, Senin (9/9/2019)

Tidak hanya meminta maaf, dia pun mengucapkan terima kasih kepada staf Kementerian Kelautan dan Perikanan ataupun awak media yang hadir. “Saya berterima kasih atas bantuannya, dukungannya, effort-nya, tanggung jawabnya, komitmennya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih. Tanpa dukungan kawan-kawan (media) tentunya saya tidak bisa melaksanakan tugas saya sebagai menteri dengan baik,” ujarnya. Dia bercerita, perjalanannya selama 4,5 tahun menjadi Menteri KKP terasa sangat singkat, tetapi merupakan perjalanan yang panjang dan berharga. Dia berharap, konferensi pers yang digelar di kantornya, Senin (9/9/2019), bukanlah yang terakhir sebelum dia melepas jabatan.

Saat memberikan sambutan di ruang banggar DPR RI, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan pesan-pesan berpamitan.

“Ini pertemuan terakhir kita. Bapak ibu menjadi mitra kerja kami, saya minta maaf kalau ada… bapak ibu saya kira ada yang masih terus tapi ada yang tidak. Di kami juga gitu. Silaturahmi harap dipelihara,” kata Luhut membuka pemaparan di depan para anggota DPR, Senin (9/9).

Apakah permintaan maaf ketiga menteri ini sinyal bahwa mereka tidak akan dipilih lagi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri? Saat ini Jokowi sendiri tengah menyusun anggota Kabinet Kerja II yang akan mendampingi dirinya di periode kedua bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Jokowi akan dilantik kembali sebagai presiden pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed