oleh

Karir Politik Anak Ketua Umum Partai

JAKARTA — Karir politik anak ketua umum beberapa partai politik di negeri ini sedang bersinar. Siapa saja mereka?

Puan Maharani menjadi putri dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Taufiq Kiemas. Puan menyandang posisi ketua DPP PDIP pada 2005/2010, dan 2010/2015. Pertama kali lolos sebagai anggota DPR RI pada tahun 2009.

Saat Joko Widodo (Jokowi), dari PDIP menjadi presiden 2014/2019, Puan mendapat posisi sebagai Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan. Lalu, tahun ini, dia menjadi Ketua DPR RI untuk periode 2019/2024.

Prananda Surya Paloh adalah putra dari Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Prananda masuk menjadi anggota DPR dari tahun 2009, tahun ini adalah periode kedua dia menjadi legislator.

Di partai, dia menjadi ketua salah satu organisasi sayap NasDem, Liga Mahasiswa NasDem 2011 – 2013. Saat ini dia menduduki Ketua DPP NasDem Bidang Olahraga, Pemuda dan Mahasiswa.

Ketua Umum Partai Demokrat, SBY memiliki dua putra yang masuk ke jalur politik. Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Kedua anak SBY Saat ini menjadi elit partai Demokrat.

AHY awalnya adalah ikuti jejak SBY menjadi tentara. Namun, pada 2016 dia keluar dan menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta didampingi Sylviana Murni yang diusung oleh Partai Demokrat. Pangkat terakhir AHY di militer adalah mayor.

Dua bulan lalu, SBY mengangkat dia menjadi wakil ketua umum. Pengangkatan dan pemberhentian seseorang dalam struktur partai adalah kewenangan Ketua Umum.

Sementara itu, Ibas lebih dulu masuk politik dibanding kakaknya, AHY. Dia memang tidak ikuti jejak ayahnya di bidang militer.

Ibas Masuk pada tahun 2009 selepas tamat sekolah S2 di Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapura. Dia langsung lolos jadi anggora DPR RI periode 2009/2014 saat saat itu, SBY menjabat Dewan Pembina Partai Demokrat.

Pada 2010 dia menjadi Sekretaris Jenderal Partai Demokrat dengan Ketua Umum Anas Urbaningrum. Pada periode DPR 2014/2019 dia didaulat menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrat.

Zita Anjani adalah anak ke dua dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. Zita sudah bergerak di dunia pendidikan dengan mendirikan sekolah anak usia dini Kids Republic di Jatinegara, Jakarta Timur pada 2015.

Karirnya sebagai politisi baru dimulai tahun ini dengan masuk menjadi anggota DPRD DKI Jakarta dari PAN. Meski belum dilantik, namanya sudah dipastikan duduk menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019/2024.

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed