oleh

Mendikbud Sebut Pemerataan Guru Bergantung pada Pemerintah Daerah

SULSELONLINE.COM, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud),  Nadiem Makarim menekankan, pemerataan kualitas guru bergantung pada pemerintah daerah.

“Jangan lupa ya kesuksesan pemerataan guru, kuantitas dan kualitas guru itu sangat tergantung kepada kesiapan pemerintah daerah,” ujarnya, dilansir dari laman Kompas, Selasa (3/12/2019).

Sedangkan pemerintah pusat hanya membantu pemerintah daerah untuk melaksanakan pemerataan itu. Tapu ujung tombaknya tetap berada di pemerintah daerah.

“Tugas pemerintah pusat itu melayani dan membantu pemerintah daerah melaksanakan pemerataan. Karena mereka yang akan mengangkat guru, mereka yang mendistribusikan guru di dalam daerahnya masing-masing,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, Nadiem Makarim berharap pemerintah pusat dan daerah bekerja sama dengan baik dalam hal mewujudkan pemerataan kualitas guru.

“Jadi itulah kerjasama, gotong-royong antara kita dan pemerintah daerah sebenarnya. Sebab guru itu bukan ada di pusat. Itu juga salah satu tantangan utama bagi kami,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden RI, Joko Widodo berpesan kepada Mendikbud, Nadiem Makarim mengenai pemajuan pendidikan di Tanah Air.

Beberapa poin yang disampaikan, yakni pemerataan kualitas pendidikan Indonesia, standardisasi kualitas pendidikan, kurikulum dan penerapan teknologi dalam sistem pendidikan.

Jokowi mengatakan bahwa wilayah Indonesia bukan hanya Jakarta, melainkan ada provinsi-provinsi lain.

“Pak Mendikbud, tolong dilihat betul negara kita bukan hanya Jakarta, bukan hanya Jawa. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, ada 17.000 pulau, 514 kabupaten-kota,” kata Jokowi.

Nadiem Makarim pun diminta betul-betul memperhatikan wilayah lain di Indonesia. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed