oleh

Apa Itu Herd Immunity ? Cocok Diterapkan di Indonesia ?

SULSELONLINE.COM – Apa itu Herd immunity ? Strategi melawan Covid-19 dengan cara herd immunity tidak cocok diterapkan di Indonesia. Sangat banyak nyawa melayang bila strategi ini digunakan.

Herd immunity adalah kondisi ketika sebagian besar kelompok atau populasi manusia kebal terhadap suatu penyakit karena sudah pernah terpapar dan sembuh dari penyakit tersebut.

Istilah ini mulai dikenal publik setelah pandemi virus corona penyebab Covid-19 mewabah di Indonesia.

Meski dinilai bisa menghambat penyebaran virus, namun strategi ini dapat memakan korban dalam jumlah besar. Untuk mencapai herd immunity, setidaknya 70 persen dari populasi harus terinfeksi terlebih dahulu.

4 Kebiasaan New Normal Ketika Berdamai dengan Covid-19

Apabila penduduk Indonesia dianggap sebanyak 270 juta, maka sedikitnya 189 juta harus terinfeksi untuk mendapatkan herd immunity.

Kemudian, dari angka tersebut kemungkinan orang yang meninggal bisa mencapai satu juta orang.

Meski risiko penerapan herd immunity sangat tinggi, namun sebagian masyarakat meyakini bahwa strategi ini akan dipakai oleh pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Hal tersebut dapat dilihat di sosial media, salah satunya postingan warganet Twitter dengan akun @ekoce: Dear pak @jokowi. Hampir 2 bulan pak saya terpaksa tutup warung ga ada penghasilan, kalo memang ujung2 e herd immunity, kampus2 cepet disuruh masuk aja pak. Mall2 buka lagi. Biar ekonomi muter lagi. Toh kebanyakan orang indonesia kan percaya hidup mati ditangan tuhan Unggahan tersebut kemudian ditanggapi oleh akun @rizkyfirli_97 di kolom replies: Ujungnya pasti herd immunity sih yakin gw. Namanya juga third world country

Pemerintah telah menyatakan bahwa mereka tidak memakai strategi herd immunity dalam penanganan Covid-19, hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Viral: WHO Umumkan Pria Berpenis Besar Lebih Rentan Tertular Covid-19. Benarkah?

“Pertanyaannya apakah kita pakai itu? Jawabannya tidak,” ujar Yuri seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (13/5/2020).

Kebijakan Pemerintah mengundang spekulasi Kemunculan spekulasi terkait herd immunity tentunya tidak muncul begitu saja.

Pemerintah justru mewacanakan pelonggaran PSBB ketika kasus angka kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah setiap harinya.

Pengurangan kadar PSBB dimulai dari sektor transportasi lantaran pemerintah menilai perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia menurut dia mulai melandai.

“Pengurangan pembatasan di bidang perjalanan, salah satu aspek yang diujicobakan. Ini jadi taruhan apakah nanti kita akan lakukan untuk di sektor-sektor yang lain,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy seperti diberitakan Kompas.com (17/5/2020). (*)

Kumpulan Ucapan Hari Raya Idul Fitri Tentang Covid-19 untuk Dikirimkan ke Kerabat

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *